Begini Mulusnya Tol Jombang-Mojokerto - Kompas.com

Begini Mulusnya Tol Jombang-Mojokerto

Hilda B Alexander
Kompas.com - 13/09/2017, 18:23 WIB
Gerbang Tol Jombang-Mojokerto.Dokumentasi PT Marga Harjaya Infrastruktur Gerbang Tol Jombang-Mojokerto.

JAKARTA, KompasProperti - Raksasa otomotif Nasional PT Astra International Tbk melalui sayap bisnis infrastruktur, Astra Infra, kian agresif menggarap pengembangan jalan tol, terutama yang masuk dalam jaringan Tol Trans-Jawa.

Salah jalan tol yang konsesinya 100 persen dimiliki Astra Infra melalui PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) adalah Kertosono-Mojokerto. Jalan tol ini dirancang sepanjang 40,5 kilometer.

Ada pun ruas tol yang pada Minggu (10/9/2017) lalu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah Jombang-Mojokerto.

Sejatinya, sebelum diambil alih MHI, jalan tol ini telah lebih dari dua dekade terbengkalai. Namun, karena ditargetkan harus selesai untuk mobilitas dan konektivitas warga, akhirnya rampung pekerjaannya.

Ruas Jombang-Bandar Kedungmulyo sepi pengendara. Gambar diambil Selasa (29/6/2016).Hilda B Alexander/Kompas.com Ruas Jombang-Bandar Kedungmulyo sepi pengendara. Gambar diambil Selasa (29/6/2016).
Dalam seremoni peresmian, Jokowi mengatakan, telah mendapatkan laporan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tentang Tol MJombang-Mojokerto yang sudah selesai pembangunannya.

"Hari Minggu saja langsung kita resmikan agar bisa secepatnya digunakan masyarakat," kata Jokowi.

Ruas tol ini, kata dia, seharusnya sudah mulai dibangun sejak tahun 1996, namun terkendala sulitnya pengadaan lahan dan minimnya dukungan pemerintah.

"Saat ini kita sudah mengetahui cara menyelesaikannya. Bila infrastruktur tidak dibangun secepat mungkin, pasti akan semakin mahal biaya lahan dan konstruksinya. Harga tanah naik terus, sehingga investasi semakin besar. Kita akan sulit untuk bersaing," jelasnya.

Kondisi aktual Tol Jombang-Mojokerto.Dokumentasi PT Marga Harjaya Infrastruktur Kondisi aktual Tol Jombang-Mojokerto.

Jalan tol yang diresmikan sepanjang 24,9 kilometer, ini terdiri dari seksi II ruas Jombang-Mojokerto Kota (19,9 kilometer) dan seksi III ruas Mojokerto Barat-Mojokerto Utara (5 kilometer).

Dengan diresmikannya kedua seksi tersebut, maka panjang Tol Moker yang beroperasi menjadi 39,6 kilometer dari total 40,5 kilometer dengan besaran investasi senilai Rp 5,5 triliun.

Sebelumnya pada tahun 2014, telah dioperasikan seksi I ruas Bandar-Jombang (14,7 kilometer). Sementara seksi IV Bandar-Batas Barat (0,9 kilometer) merupakan penghubung dengan Tol Solo-Kertosono yang saat ini konstruksinya sudah 96 persen.

Pembangunan Tol Moker yang merupakan salah Proyek Strategis Nasional (PSN) dilakukan melalui investasi swasta murni yakni PT Marga Harjaya Infrastruktur yang merupakan bagian dari Astra Infra Group yang juga terlibat dalam pengusahaan jalan tol, antara lain pada ruas Tangerang-Merak dan Cikopo-Palimanan.

Kondisi aktual Jalan Tol Jombang-MojokertoDokumentasi PT Marga Harjaya Infrastruktur Kondisi aktual Jalan Tol Jombang-Mojokerto
Mulus

Secara umum, kondisi ruas Tol Jombang-Mojokerto ini dalam keadaan mulus, dan bagus. Nyaris tak ada bagian jalan yang bergelombang.

Saat KompasProperti menjajal ruas tol ini, rambu lalu lintas, marka jalan, dan lampu penerang, terpasang dengan lengkap dan dalam kondisi baik serta sesuai standar keamanan dan keselamatan.

Meski panorama alam tak seelok di Tol Bawen-Salatiga, namun yang membuat jalan tol ini istimewa adalah adopsi arsitektur lokal pada seluruh gerbang tol (GT) yang dibangun.

Arsitektural tradisional umpak atau bersusun menjadi gagasan besar yang ditunjukan oleh MHI di seluruh GT dan juga kantor manajemen.

Umpak merupakan fondasi atau tatakan tiang penyangga sebuah bangunanyang lazim ditemukan pada cagar-cagar budaya peninggalan Kerajaan Hindu. Umpak mempunyai peranan yang penting karena merupakan titik kekuatan sebuah bangunan.

Sejatinya, pengguna jalan tol ini tak hanya disuguhi keunikan arsitektural umpak, melainkan hamparan persawahan yang hijau menguning di sisi kiri dan kanan tol.

Berikut foto-foto aktual Tol Jombang-Mojokerto:

Jembatan Brantas di Jalan Tol Jombang-Mojokerto.Dokumentasi PT Marga Harjaya Infrastruktur Jembatan Brantas di Jalan Tol Jombang-Mojokerto.

PT Marga Harjaya Infrastruktur mengadopsi desain arsitektur lokal umpak untuk membangun gerbang-gerbang tol di Jalan Tol Jombang-Mojokerto.Dokumentasi PT Marga Harjaya Infrastruktur PT Marga Harjaya Infrastruktur mengadopsi desain arsitektur lokal umpak untuk membangun gerbang-gerbang tol di Jalan Tol Jombang-Mojokerto.

Rambu lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto.Dokumentasi PT Marga Harjaya Infrastruktur Rambu lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto.

 

PenulisHilda B Alexander
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM