Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait DP 0 Persen, Pengembang Minta Dibantu

Kompas.com - 24/08/2017, 11:30 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pemerintah Provinsi (Pemptov) DKI Jakarta diharapkan turut memberikan perhatian kepada pengembang. Terutama, mereka yang ingin membantu pemerintah dalam mewujudkan program rumah dengan uang muka atau down payment (DP) nol persen.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah saat Musda IX DPD REI DKI Jakarta, Rabu (23/8/2017), menuturkan, program rumah DP nol persen dapat terwujud dengan peran serta Pemprov.

Dalam hal ini, peraturan perundang-undangan telah mengatur DP 1 persen bagi masyarakat yang ingin membeli rumah. DP 1 persen tersebut dapat ditalangi terlebih dahulu oleh Pemprov, sehingga program DP nol persen dapat terwujud.

"Pemda bisa tutup itu dulu kalau mau pakai pola ini. Kalau mereka (pengembang) dapat tanah murah. Rp 300 juta ini tanahnya maksimal harganya Rp 3 juta per meter persegi," kata Saefullah.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Pengembangan Usaha DPP REI Theresia Rustandi menilai, tak hanya masyarakat yang memerlukan bantuan.

"Selama ini pemerintah pusat juga sudah banyak sekali membantu pembiayaan dari sisi konsumen, tapi yang penting dari sisi developer juga perlu pembiayaan juga," kata Theresia.

Bantuan tersebut nantinya akan digunakan untuk mendanai belanja modal dalam membangun rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Jadi saya pikir kalo dua-duanya bisa dibangun maka itu bisa sangat membantu sekali," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com