Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Tanggul Pantai di Utara Jakarta Sudah 50 Persen

Kompas.com - 18/08/2017, 06:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis


JAKARTA, KompasProperti - Untuk mengatasai laju penurunan permukaan tanah di Jakarta, salah upaya pemerintah adalah membangun tanggul pantai.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS Cilicis) T. Iskandar mengatakan pembangunan tanggul pantai yang saat ini tengah dikerjakan merupakan Proyek Pengamanan Pantai Tahap II.

Proyek tersebut terbagi menjadi 2 paket pekerjaan. Paket 1, berlokasi di Kelurahan Muara Baru (Pluit), Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dengan panjang tanggul 2,3 kilometer.

Kontraktor yang mengerjakan adalah PT. Waskita Karya–PT. Adhi Karya KSO dengan nilai kontrak Rp 379 miliar.

"Saat ini progres Paket 1 tersebut telah mencapai 57,97 persen dengan tanggul yang sudah terbangun sudah mencapai 1.317 meter," ujar Iskandar melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Kamis (17/8/2017).

Sementara itu, Paket 2 berlokasi di Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara dengan panjang tanggul 2,2 kilometer dan dilengkapi dengan bangunan rumah pompa.

Kontraktor yang menangani adalah PT. Wijaya Karya–PT. SAC Nusantara KSO dengan nilai kontrak senilai Rp 405 miliar.

Saat ini progres Paket 2 telah mencapai 54,43 persen dengan tanggul yang sudah terbangun mencapai 1.372 meter.

Sebelumnya pada 2014, Kementerian Pemerintah Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan tanggul pengaman pantai tahap 1 di Pluit sepanjang 75 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com