Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Warna Ini Bikin Rumah Lebih Menyenangkan

Kompas.com - 05/08/2017, 05:38 WIB
Dani Prabowo

Penulis

KompasProperti - Selain mencerminkan kepribadian, warna juga dapat memengaruhi suasana hati seseorang.

Namun, ketika Anda ingin memilih warna untuk dekorasi rumah, warna apa yang harus Anda gunakan untuk memberikan kesan menyenangkan?

Lorna Arker, seorang pakar interior dari Style Studio, menyebut, ada lima warna yang dapat digunakan untuk meningkatkan mood seseorang bila tengah berada di sebuah ruangan. Apa saja itu?

1. Kuning

Dikutip dari Elledecor, selain memberikan kesan ceria dan ramah, kuning adalah lambang kebahagian dan sinar matahari.

"Aplikasi dari warna ini dapat melepaskan serotonin, zat kimia neurotransmitter yang berkontribusi memberikan perasaan sehat. Sehingga, secara ilmiah, kuning adalah warna terbaik untuk meningkatkan semangat," kata Lorna.

Selain itu, warna kuning juga mampu merangsang kreativitas. Meski demikian, Lorna menyarankan, agar warna kuning digunakan di kamar tidur atau kamar mandi.

2. Hijau

Warna hijau memberikan kesan meniru alam. Untuk warna yang lebih lembut, warna tersebut dapat memberikan kesan menenangkan, sehingga membantu untuk berkonsentrasi atau relaksasi.

Sedangkan, warna hijau yang lebih gelap dapat menjadi tanda untuk pergi atau memberikan efek menggembleng.

"Menggunakan warna hijau di rumah dapat memiliki efek grounding yang menghubungkan pemilik ke alam bebas. Keteduhan yang benar akan membuat ruangan terasa seperti terhubung dengan suasana di luar jendela," ucapnya.

3. Biru

Warna ini memberikan kesan tenang, sekalipun untuk warna yang lebih gelap, dianggap bermanfaat bagi pikiran dan tubuh. Menurut Lorna, biru juga dianggap sebagai warna yang penuh loyalitas dan kepercayaan.

"Orang-orang yang bekerja di ruangan berwarna biru lebih produktif (dibandingkan warna lain), karena mereka tenang dan fokus. Biru juga ideal untuk ruangan kecil," ucapnya.

4. Pink

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com