Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2017, 22:30 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KompasProperti - Sempat difungsikan selama dua pekan untuk mendukung penyelenggaraan arus mudik dan balik lebaran 2017, ruas Jalan Tol Bawen-Salatiga kini terus dibenahi menuju operasional penuh.

Manajer Operasional PT Trans Marga Jateng (TMJ) Fauzi Abdurrahman mengatakan, hingga saat ini perusahaan masih melakukan penyempurnaan akhir (finishing) sebelum Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melakukan uji kelayakan pada ruas tol dengan pemandangan terindah, sepanjang 17,6 kilometer tersebut.

"Uji kelayakan belum, karena kami masih melakukan penyempurnaan akhir," ungkap Fauzi, Selasa (1/8/2017) siang.

Dia menjelaskan, penyempurnaan akhir yang tengah dilakukan di sesi tiga Jalan Tol Semarang-Solo ini antara lain adalah pemasangan rambu-rambu jalan.

Setelah pekerjaan ini selesai, BPJT akan menjadwalkan dilakukannya uji kelayakan ruas tol panoramik yang merupakan bagian dari jaringan Tol Trans Jawa tersebut.

TMJ selaku pengelola ruas Tol Semarang-Solo berupaya agar semua pekerjaan selesai sesuai yang dipersyaratkan. Diharapkan, pada September mendatang ruas tol Bawen-Tingkir ini bisa operasional secara penuh.

"Kami upayakan September ruas Jalan Tol Bawen-Tingkir akan dioperasi. Tetapi itu masih tentatif," imbuhnya.

Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.
Sebagai informasi, sebanyak 311.884 kendaraan melintasi jalan tol fungsional Bawen-Salatiga selama 16 hari penyelenggaraan arus mudik dan balik Lebaran 2017 lalu.

Secara resmi, TMJ telah menutup ruas tol ini mulai dari kilometer 35 hingga ujung keluar Tingkir atau Tingkir Exit, Senin (3/7/2017) pukul 22.00 WIB.

"Pada hari terakhir beroperasi, yang masuk atau menuju arah Pantura sejumlah 8.826 kendaraan dan yang keluar dari gerbang tol (GT) Salatiga 5.015 kendaraan," kata Fauzi, Rabu (5/7/2017) siang.

Baca: Senin Pukul 22.00 WIB, Gerbang Tol Salatiga Kembali Ditutup

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com