Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Butuh Anggaran Rp 6.650 Triliun untuk Infrastruktur

Kompas.com - 25/07/2017, 14:34 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Indonesia membutuhkan anggaran 500 miliar dollar AS atau sekitar Rp 6.650 triliun untuk membangun infrastruktur dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengungkapkan hal tersebut saat Indonesia Infrastructure Finance Forum di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Jumlah anggaran ini setara dengan peningkatan belanja infrastruktur dari 2 persen menjadi 4,7 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

"Kondisi demografi Indonesia meningkat lebih cepat dibandingkan China dan Thailand. Hal ini berpengaruh terhadap kebutuhan infrastruktur yang lebih tinggi," kata Kim.

Menurut dia, pemerintah Indonesia tidak cukup bila hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk membiayai infrastruktur. Pasalnya, penerimaan pajak yang ditarik pemerintah saat ini masih kurang.

Dilihat dari potensi, Kim menyebut, pungutan pajak masih di bawah 50 persen. Sementara, rasio pajak terhadap PDB turun menjadi 1 persen dari 11,4 persen.

"Pungutan pajak di Indonesia lebih rendah dari Kamboja dan Filipina yang 13,6 persen. Padahal tantangan yang dihadapi kedua negara itu sama," ujar Kim.

Faktor lain, lanjut Kim, belum efisiennya belanja barang serta batasan defisit fiskal yang hanya 3 persen dari PDB.

"Saya tahu Pak Joko Widodo (Jokowi), dan Ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) punya komitmen tinggi. Karena itu kami dorong pemerintah menerapkan reformasi pajak. Kami dukung pemerintah Indonesia melakukan e-filling," kata Kim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com