Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPAM Umbulan Pasok Air Bersih untuk 1,3 Juta Warga Jatim

Kompas.com - 21/07/2017, 13:50 WIB
Dani Prabowo

Penulis

PASURUAN, KompasProperti - Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan di Desa Winongan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, diyakini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Jawa Timur.

Proyek yang telah diinisiasi sejak 40 tahun lalu itu, dimulai pembangunannya pada tahun ini dengan nilai investasi mencapai Rp 4,05 triliun.

Peresmian pembangunan proyek ini dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla, didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kamis (20/7/2017).

Proyek ini akan melayani air bersih bagi 1,3 juta penduduk atau 31.000 sambungan rumah (SR) baru di Provinsi Jawa Timur.

"Proyek SPAM Umbulan pada gilirannya diharapkan dapat dinikmati masyarakat dengan harga yang terjangkau," kata Jusuf Kalla saat menyampaikan sambutan.

SPAM Umbulan akan memasok air bersih perpipaan 5 kota/kabupaten di Provinsi Jawa Timur meliputi Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik

Pembangunan proyek ini menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) antara Pemerintah dengan PT Meta Adhya Tirta Umbulan selaku pemenang lelang.

Besarnya investasi Rp 2,05 triliun dengan besaran dukungan kelayakan/ Viability Gap Fund (VGF) dari Pemerintah sebesar Rp 818 miliar.

Proyek SPAM Umbulan di di Desa Winongan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Proyek SPAM Umbulan di di Desa Winongan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Sementara itu, Basuki menuturkan, sejak awal Ditjen Cipta Karya dan Badan Peningkatan Penyelenggaraan SPAM (BPPSPAM) telah terlibat dalam pendampingan dan penyusunan studi kelayakan, rencana teknik rinci dan rencana bisnis hingga perjanjian jual beli air antara Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan PDAM.

Adapun Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo mengatakan, dukungan konstruksi juga diberikan Kementerian PUPR berupa pembangunan pipa dari titik offtake sampai ke distribusi utama dengan biaya Rp 400 miliar antara tahun 2017-2019.

"Selain itu pembangunan instalasi pengolahan air dari Kali Rejoso dengan kapasitas 300 liter per detik, ijin penempatan pipa pada jalan tol yang dilalui antara lain ruas jalan tol Pasuruan-Gempol, Gempol-Pandaan, Surabaya-Gempol, Surabaya-Mojokerto dan Surabaya-Gresik dan pengurangan biaya sewa lahan di jalan tol," ujarnya.

Selain SPAM Umbulan, Ditjen Cipta Karya juga akan membangun sejumlah SPAM lain di Jawa Timur, seperti SPAM Kota Surabaya sebesar Rp 21 Milyar, dan SPAM di 12 kecamatan rawan air di Kabupaten Pasuruan.

Untuk diketahui, SPAM Umbulan mampu memproduksi air bersih dengan kapasitas sebesar 4.000 liter per detik. Air bakunya berasal dari mata air Umbulan di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan yang disalurkan melalui pipa transmisi air bersih sepanjang 93 km.

Air minum tersebut akan dikelola oleh PDAB untuk kemudian disalurkan ke 5 PDAM kabupaten dan kota yaitu masing-masing PDAM kota Surabaya (1.000 liter/detik), PDAM Kabupaten Pasuruan (410 liter/detik), PDAM Kota Pasuruan (110 liter/detik), PDAM Kabupaten Sidoarjo (1.200 liter /detik), dan PDAM Kabupaten Gresik (1.000/detik), serta PDAB Provinsi Jawa Timur (200 liter/detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com