Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penambahan Lajur Tol Tangerang-Merak Ditargetkan Selesai Akhir 2017

Kompas.com - 20/07/2017, 16:36 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KARAWACI, KompasProperti - PT Marga Mandalasakti atau Astra Infra Toll Road melakukan peningkatan kualitas jalan dengan pelapisan ulang aspal dan penambahan lajur Tol Tangerang-Merak.

Pekerjaan penambahan lajur ke empat dimulai dari Bitung KM 26+400 hingga Cikupa KM 31+500.

"Penambahan ini dari sebelumnya 3 lajur menjadi 4 lajur sepanjang 5,4 km dan direncanakan selesai pada Desember 2017," ujar Kepala Divisi Hukum dan Humas MMS Indah Permanasari di kantornya, Karawaci, Kamis (20/7/2017).

Indah mengatakan, pekerjaan ini juga selaras dengan penambahan lajur transaksi di Entrance Gerbang Tol Cikupa sebanyak 4 lajur transaksi yang kini sudah rampung.

Penambahan lajur tersebut merupakan antisipasi agar tidak ada kepadatan. Hal ini, mengingat pertumbuhan lalu lintas di Tol Tangerang-Merak tercatat hampir mencapai 80 persen kendaraan dari kapasitas ruas jalan khususnya di wilayah Tangerang Barat-Cikupa.

Tak hanya pelebaran lajur, bentuk peningkatan jalan juga dilakukan dengan pelapisan ulang aspal (overlay).

"Pekerjaan ini sudah rampung dikerjakan di beberapa titik Ruas Tol Tangerang-Merak, dengan total pekerjaan sekitar 29 kilometer," kata Indah.

Dia berharap, pengguna akan lebih menikmati kenyamanan jalan yang lebih mulus dan rata saat berkendara melintas di Ruas Tol Tangerang-Merak.

Untuk membuat jalur menuju tol agar semakin lancar, beberapa akses tol telah direvitalisasi.

Akses tol yang telah rampung adalah Balaraja Barat. Sisanya seperti akses Serang Timur dan Cikupa masih dalam proses pembenahan.

Revitalisasi atau pembenahan akses juga salah satu upaya untuk mengintegrasikan antara jalan tol dan jalan nasional.

"Karena jika akses tolnya lancar tanpa hambatan, akan berpengaruh kepada lalu lintas di gerbang tol begitu juga jika sebaliknya," sebut Indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com