Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2017, 17:07 WIB
Haris Prahara

Penulis

Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).

JAKARTA, KompasProperti - Kemacetan lalu lintas terjadi di sejumlah ruas tol pada hari pertama Lebaran ini.

Berdasarkan informasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, lalu lintas padat terjadi di ruas Cawang-Tomang-Cengkareng.

"Cawang-Tebet kondisinya padat, demikian pula Semanggi-Cawang padat. Sementara waktu, gerbang tol Semanggi 1 dan 2 ditutup," ujar Assistant Vice President Corporate Communications Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso dalam keterangan tertulis kepada KompasProperti, Minggu (25/6/2017) sore.

Dwimawan mengatakan, kepadatan juga terjadi di sejumlah ruas lainnya seperti Jagorawi atau tepatnya di ruas Cawang-Cililitan, Pasar Rebo-Cibubur, dan Taman Mini-Cawang.

Demikian kondisi beberapa ruas jalan tol lain pada sore ini:

1. Tol Jakarta-Cikampek: Cawang-Cikarang Utama padat, contra flow diberlakulan dari KM 32 sampai KM 41. Sementara itu, Halim-Cawang padat.

2. Tol Jakarta-Tangerang: lancar, namun ruas Kebon Jeruk-Tomang terjadi kepadatan.

3. Tol Purbaleunyi: lancar. Antrean gerbang tol Pasteur pun lancar dengan gerbang sementara Gedebage di KM 149 dibuka pukul 09.30 untuk antisipasi kemacetan Cileunyi dan Buah Batu.

Antrean kendaraan Buah Batu 300 meter dan gerbang tol Cileunyi sekitar satu kilometer.

4. Tol Palimanan-Cikopo, lancar.

Contra flow

Dwimawan menambahkan, volume kendaraan Tol Jakarta-Cikampek mulai meningkat sejak sore ini.

"Saat ini, titik kepadatan terpantau sejak dari Cikunir. Adapun kepadatan merupakan dampak dari penyempitan lajur di KM 37+800 dan antrean kendaraan yang akan masuk ke TIP 39 arah Cikampek," paparnya.

Untuk mengurai kepadatan tersebut, sejak pukul 14.30, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek bekerja sama dengan pihak kepolisian telah melakukan rekayasa lalu lintas yaitu pemberlakuan contra flow.

Adapun contra flow diberlakukan untuk kendaraan arah Cikampek dari kilometer 35 sampai kilometer 41.

"Sejak pukul 15.40, titik contra flow yang semula dari kilometer 35 diperpanjang mulai dari kilometer 32," ujar Dwimawan.

Jika antrean gerbang tol Cikarang Utama mengalami kepadatan yang luar biasa, Jasa Marga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas.

"Kendaraan yang menuju gerbang tol Cikarang Utama dialihkan keluar melalui gerbang tol Cikarang Barat 3. Lalu lintas setelah kilometer 40 terpantau lancar," tuntas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com