Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tiga Skema DP Rumah 0 Persen

Kompas.com - 13/02/2017, 18:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KompasProperti - Uang muka atau down payment (DP) 0 persen untuk pembelian rumah pada dasarnya bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa skema pembayaran.

Baca: Pengganti DP Rumah, Anies Usul Tabungan 6 Bulan

Bagaimana skemanya?

Di Amerika Serikat (AS) praktik DP 0 persen bukan barung baru. Situs bankrates.com menyatakan, masyarakat AS berkantong pas-pasan dapat menggunakan beberapa skema pinjaman rumah dengan pembayaran minimal, bahkan tanpa uang muka sama sekali.

Federal Housing Administration AS menjamin pinjaman dengan uang muka kecil dan para penyalur KPR telah merelaksasi segala persyaratan tentang pembayaran DP tersebut dan memungkinkan untuk mendapatkan KPR tanpa uang muka.

Baca: DP Rumah 0 Persen Tidak Mendidik Konsumen

Skema tersebut juga mendapat jaminan dari beberapa institusi seperti serikat kredit terbesar AS, Departemen Pengurus Para Veteran, dan Departemen Pertanian.

Berikut ini adalah beberapa pilihan yang bisa digunakan mesyarakat untuk membeli rumah melalui fasilitas KPR dengan DP rendah atau DP 0 persen di AS: 

1. Pinjaman para veteran 

Departemen Pengurus Para Veteran AS atau VA, menjamin pembelian rumah dengan menggunakan KPR tanpa pembayaran DP bagi para veteran terkualifikasi, anggota militer aktif, dan beberapa anggota Garda Nasional serta cadangannya.

Pemberi pinjaman swasta berasal dari pinjaman VA yang juga dijamin oleh VA sendiri sehingga tidak akan ada asuransi KPR. Para peminjam ini nanti membayar biaya KPR yang akan dimasukkan ke dalam jumlah pinjaman.

Untuk pembelian pertama kali tanpa menggunakan uang muka, biaya pendanaannya adalah 2,15 persen untuk anggota atau veteran militer dan 2,4 persen bagi mereka yang terkualifikasi sebagai Pasukan Garda Nasional atau cadangannya.

2. Navy Federal

Serikat Kredit Navy Federal, serikat terbesar dalam hal aset dan anggotanya menawarkan pembiayaan 100 persen tanpa DP kepada anggota yang memenuhi syarat membeli rumah primer.

Namun, KPR tanpa DP dari Navy Federal ini dibatasi hanya untuk anggota militer, karyawan sipil militer AS, anggota Departemen Pertahanan AS beserta keluarganya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com