Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digeser India, Indonesia Ketiga Terbanyak Bangun Hotel Se-Asia Pasifik

Kompas.com - 16/12/2016, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak seperti catatan bulan Oktober lalu, selama November 2016 posisi Indonesia digeser India sebagai negara dengan pengembangan hotel terbanyak di Asia Pasifik.

Baca: Bersama China, Indonesia Memimpin Pembangunan Hotel Terbanyak di Asia

Dengan pengembangan 23.440 kamar dalam 120 proyek hotel, STR Global menempatkan Indonesia di peringkat ketiga di bawah India.

India sendiri saat ini sedang membangun 154 hotel dengan 24.646 kamar. Sementara di tempat teratas China tak tergoyahkan. 

Negara Tirai Bambu ini punya 510 proyek hotel dalam konstruksi dengan 136.451 kamar. 

Secara umum, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (16/12/2016), STR Global menunjukkan, untuk kawasan Asia Pasifik saat ini terdapat 594.933 kamar dari 2.659 proyek hotel di bawah kontrak.

"Angka ini 5,7 persen lebih tinggi ketimbang periode yang sama tahun lalu," tulis STR Global.

Sementara proyek dalam konstruksi sejumlah 1.099 hotel dengan 254.471 kamar. Sedikit mengalami penurunan atau 0,8 persen lebih rendah dibanding November tahun lalu.

Untuk diketahui, data STR Global ini merupakan pipa pengembangan proyek di bawah kontrak. Termasuk proyek-proyek sedang dalam konstruksi, perencanaan akhir, dan tahap perencanaan, tetapi tidak termasuk proyek-proyek dalam tahap yang belum dikonfirmasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com