Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Mangkrak, Jaringan Hotel Terbesar Dunia Dibangkitkan Kembali

Kompas.com - 30/10/2016, 16:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Bawadi yang diumumkan sebagai pengembangan hotel dan pariwisata terbesar di dunia pada 2007 silam bakal kembali dilanjutkan di Dubai, Uni Emirat Arab.

Emaar Properties, pengembang terbesar di jazirah Timur Tengah siap membangkitkan kembali jaringan hotel tersebut.

"Bawadi merupakan proyek patungan antara Dubai Holdings dan Emaar. Saat ini tengah dalam tahap awal dan perkembangannya akan dikomunikasikan pada waktunya," kata Direktur Eksekutif Dubai Holdings Fadel Al Ali.

Diluncurkan pada Oktober 2007, megastruktur ini menelan nilai investasi 60 miliar dirham atau lebih dari Rp 213 triliun.

Dubai Holdings juga akan menyumbang sekitar 650 hektar tanah senilai 3,85 miliar dirham atau Rp 13,7 triliun sebagai pengganti atas kepemilikannya.

Sedangkan Emaar Properties berkontribusi dana kontan dengan jumlah yang sama. 

Bawadi yang berlokasi di Dubailand dan terletak di dekat Peternakan Arab digambarkan sebagai jaringan hotel mewah terpanjang sejagat raya yakni 10 kilometer.

Di samping itu, Bawadi bakal terdiri dari 51 hotel mewah dan lebih dari 60.000 kamar. Saat ini yang terbanyak adalah 6.500 kamar milik Asia Hotel & Resort.

Proyek Bawadi sendiri akan dibangun di atas lahan seluas 557 hektar dengan 25 hektar-nya untuk area komersial dan pusat perbelanjaan serta 29 hektar untuk pengembangan area ritel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com