Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan Kota Hijaukan Tigaraksa

Kompas.com - 06/10/2016, 14:59 WIB
M Latief

Penulis

TIGARAKSA, KOMPAS.com - Pengembang properti bersama-sama Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang membangun hutan kota baru seluas 17.200 meter persegi. Hutan kota tersebut dibangun di kawasan Tigaraksa, Tangerang.

Hutan kota tersebut ditumbuhi 469 pohon yang terdiri dari pohon pelindung antara lain trembesi, flamboyan merah, asam kranji, mahoni, pulai, pohon aksen dan lain-lainnya. Sepanjang hutan kota itu juga dilengkapi area joging sepanjang 727,6 m2, papan informasi lampu taman dan fasilitas publik lainnya.

"Ini untuk membantu program pemerintah daerah yang ingin menjadikan seluruh lahan di Kabupaten Tangerang menjadi lebih hijau dengan kecukupan vegetasi sehingga mampu memberikan fungsi perlindungan, estetika, sekaligus untuk penyerapan karbon," ujar Ervan Adi Nugroho, Presiden Direktur Paramount Land, Kamis (6/10/2016).

Sebagai pebisnis yang bergerak di bidang properti di kawasan Tangerang, lanjut Ervan, memiliki dukungan infrastruktur saja tidak cukup tanpa lingkungan yang hijau. Hadirnya hutan ini nantinya bukan saja akan mempercantik wajah kota, tapi juga menciptakan keserasian lingkungan fisik kota yang seimbang. 

Wakil Bupati Tangerang, H. Hermansyah, menambahkan hutan kota yang diberi nama 'Hutan Kota Tigaraksa' itu menjadi bukti bahwa dukungan swasta sangat dibutuhkan untuk membangun perkotaan yang seimbang antara kemajuan dan pelestarian lingkungannya.

"Apalagi Tangerang itu salah satu kota penyangga DKI Jakarta yang menuntut aktivitas dan mobilitas tinggi sehingga harus diimbangi kenyamanan dan kualitas hidup masyarakatnya," ujar Hermansyah.

Hermansyah berharap, setelah lengkapi dengan berbagai jenis tanaman pelindung yang berfungsi sebagai filter udara dan kaya akan oksigen, hutan kota tersebut akan menarik dikunjungi sebagai tempat rekreasi keluarga maupun individu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com