Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H+3 Lebaran, Arus Balik ke Jakarta Mulai Padat

Kompas.com - 09/07/2016, 23:21 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga hari setelah Lebaran atau Sabtu (9/7/2016), beberapa jalan tol mulai dipadati arus balik.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), misalnya. Volume kendaraan terpantau padat, mulai dari KM 72 hingga KM 52.

Kepadatan juga terjadi di Karawang Barat hingga KM 42. Imbasnya, di Gerbang Tol Cikarang Utama 2 ditambah dua gardu lagi untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Peningkatan volume kendaraan juga terjadi di Tol Purwakarta-Bandung-Ciluenyi (Purbaleunyi), terutama di KM 80 sampai KM 66. Sedangkan lalu lintas arah sebaliknya lancar.

PT Jasa Masarga (persero) Tbk selaku pengelola, akan memberlakukan hybrid GTO yakni menerima pembayaran tunai di GTO Tol Japek. Hal ini ditujukan untuk mengurai kepadatan.

"Hybrid GTO berlaku besok saat jumlah kendaraan diprediksi mencapai 117.291 unit," terang AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso, Sabtu (9/7/2016).

Selain Hybrid GTO, dilakukan juga pengalihan lalu lintas ke GT Cikarang Barat 2 dan masuk kembali ke GT Cikarang Barat 4 sebanyak 3 gardu, sehingga total gardu untuk arus balik menuju Jakarta sebanyak 26 gardu.

"Kami juga akan menempatkan petugas jemput transaksi 21 lajur dan petugas penukar receh gardu," tambah Dwimawan.

Selanjutnya, Jasa Marga juga akan menambah kapasitas lajur, dan memperpanjang dedicated lane di KM 66 atau pertemuan arus lalu lintas dari ruas Tol Purbaleunyi dan Cikampek-Palimanan (Cipali).

"Jika situasi sangat padat, kami akan melakukan pengalihan arus lalu lintas dari Cipularang ke Padalarang melalui arteri," sebut Dwimawan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com