Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per Juni, Pasokan Mal Bodetabek Sentuh 2,39 Juta Meter Persegi

Kompas.com - 05/07/2016, 12:38 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga Juni 2016, suplai area ritel di wilayah penyangga Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) telah bertambah seiring dengan dioperasikannya salah satu mal di Bogor.

Pertambahan itu datang dari Metropolitan Mall Cileungsi yang dikembangkan PT Metropolitan Land Tbk.

Pengoperasian mal seluas 26.500 meter persegi yang berlokasi di Bogor Regency itu akan berkontribusi terhadap suplai kumulatif ritel Bodetabek menjadi 2,39 juta meter persegi.

Area Bodetabek akan mendapatkan suplai tambahan ritel lebih banyak daripada di Jakarta. Setidaknya akan ada 16 pusat perbelanjaan baru yang akan menambah 740 ribu meter persegi suplai area ritel hingga 2019 nanti.

10 dari 16 pusat perbelanjaan itu akan terpusat di dua lokasi, yakni Bekasi dan Tangerang. Hal itu membuat Bekasi dan Tangerang menjadi dua lokasi penyumbang terbanyak ritel di Bodetabek.

Suplai tahunan diproyeksikan akan berada di kisaran angka 185.000 meter persegi di area Bodetabek.

Berdasarkan progres konstruksi, kebanyakan pusat perbelanjaan dijadwalkan selesai pada periode 2018-2019.

Sementara itu, jumlah total ritel strata title atau yang dijual di Bodetabek tercatat sebanyak 763.228 meter persegi atau merepresentasikan 32 persen dari total suplai di wilayah tersebut.

Area Bodetabek akan mendapatkan tambahan dua ritel strata title hingga 2019, yakni Bekasi Trade Centre 2 dan Vivo Trade Mall di Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com