Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Euro 2016, Warna Menara Eiffel Berganti Tiap Malam

Kompas.com - 19/06/2016, 17:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber QZ

PARIS, KOMPAS.com - Menara Eiffel di Paris, Perancis, tengah 'diambil alih' oleh netizen dalam waktu seminggu terakhir. Warna Menara Eiffel akan berubah setiap malamnya selama perhelatan UEFA Euro 2016.

Sebagai bagian dari kampanye publisitas operator Prancis Orange, salah satu sponsor Euro 2016, warna lampu di Menara Eiffel akan dipilih berdasarkan jumlah cuitan di Twitter, postingan Facebook dan Instagram dukungan bagi setiap negara peserta.

Cara kerjanya seperti ini, jika Perancis dan Inggris bertanding, setiap penggemarnya bisa secara masif mengekspresikan dukungannya lewat media sosial melalui hashtags atau tanda pagar (tagar) yang direkomendasikan oleh UEFA seperti #FRA untuk Perancis dan #ENG untuk Inggris.

Postingan media sosial itu dihitung dari satu menit lewat tengah malam pada hari pertandingan sampai dengan pukul 21.30 malam waktu Perancis.

Bendera negara yang paling banyak tagarnya di media sosial akan diproyeksikan lewat lampu-lampu ke Menara Eiffel hingga tengah malam.

Gelaran Euro 2016 akan berlangsung selama satu bulan, yakni dari 10 Juni hingga 10 Juli 2016 dan selama itu pula netizen menentukan warna Menara Eiffel tiap malamnya.

Bukan hanya mengganti warna, Orange juga berencana untuk memproyeksikan tulisan sosial yang paling kreatif di menara itu.

Kampanya publisitas ini wajar dilakukan mengingat penggunaan media sosial begitu intensif ketika ada kejuaraan sepakbola seperti Euro.

Selama Piala Dunia 2014 silam, Twitter melansir data sebanyak 672 juta cuitan yang dihasilkan selama turnamen berlangsung.

Jumlah itu enam kali lipat lebih banyak daripada cuitan yang dikeluarkan selama Olimpiade berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com