Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Tol Cipali Bagi-bagi Minuman Gratis Saat "Long Weekend"

Kompas.com - 03/05/2016, 14:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya (LMS), operator jalan Tol Cikopo–Palimanan (Cipali), akan memberikan minuman gratis kepada pengguna jalan Tol Cipali di Tempat Istirahat (TI) KM 86 dan TI KM 130 (arah Cirebon) saat arus mudik pada 5-6 Mei 2016.

Sementara untuk arus balik, LMS akan membagikan minuman gratis di TI KM 86 dan KM 130 (arah Jakarta) pada 7-8 Mei 2016.

Selain itu, PT LMS juga menyiapkan langkah antisipasi menghadapi lonjakan lalu lintas pada masa liburan panjang tersebut.

Dibandingkan kondisi lalu lintas harian normal yang berkisar 12.000-15.000 kendaraan per arah, diperkirakan terjadi peningkatan kendaraan di gerbang tol (GT) Cikopo mencapai lebih dari dua kali lipat.

Puncak arus lalu lintas ke luar dari wilayah Jakarta diperkirakan terjadi pada Rabu-Kamis (4-5 Mei 2016) dengan volume traffic di GT Cikopo sekitar 30.000 kendaraan per hari.

Saat arus balik yang diperkirakan berlangsung pada Sabtu hingga Senin dini hari, kepadatan diprediksi mencapai 38.000 kendaraan per hari.

Wakil Direktur Utama PT LMS Hudaya Arryanto mengatakan, antisipasi di lapangan di antaranya dengan membuka maksimal GT di gerbang-gerbang utama, yaitu 15 gardu di GT Cikopo dan 11 gardu di GT Palimanan. Selain itu, masih ditambah dengan 6 gardu satelit.

Petugas tol di dua GT itu juga ditambah dari semula 90 personel menjadi 140 personel. Juga penambahan uang kecil untuk kembalian pembayaran tarif tol.

Pengguna Jalan Tol Cipali, kata Hudaya, bisa membantu mempercepat transaksi di gerbang-gerbang Tol Cipali dengan mempersiapkan uang pas, atau dengan membayar secara non-tunai menggunakan Kartu Flazz BCA.

"Kami juga mengimbau agar masyarakat dapat mengatur jadwal perjalanannya tidak bersamaan supaya tidak terjebak kemacetan. Hindari perjalanan bersamaan pada Rabu sore/malam (4 Mei 2016) saat ke luar wilayah Jakarta, dan saat arus balik hindari perjalanan bersamaan pada Minggu sore/malam (8 Mei 2016),” tutur Hudaya dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (3/5/2016).

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com