Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rusia, Stasiun Kereta Dirancang bak Istana

Kompas.com - 24/01/2016, 13:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com — Sebuah stasiun kereta bawah tanah biasanya diciptakan tanpa ada sentuhan seni. Namun, lain halnya dengan yang ada di Rusia, yang tampak seperti istana.

Selama beberapa bulan pada tahun kemarin, fotografer asal Kanada, David Burdeny, berkeliling di dua kota Rusia, yakni Moskwa dan St Petersburg.

Dalam perjalanannya itu, ia mengabadikan banyak gambar stasiun kereta dengan desain dan ornamen paling indah yang pernah ada di sebuah stasiun.

Kebanyakan stasiun itu dibangun pada awal hingga pertengahan abad ke-20 dan ditujukan sebagai propaganda rezim diktator Rusia, Joseph Stalin.

Burdeny menyatakan, stasiun-stasiun kereta bawah tanah yang ia temukan menjadi favorit orang-orang yang melakukan perjalanan menggunakan kereta.

Kebanyakan foto Burdeny, seperti foto Stasiun Belorusskaya yang dibangun pada 1938 di Moskwa, menunjukkan keindahan di tengah-tengah gelapnya pemerintahan Stalin kala itu.


Stasiun Belorusskaya yang dibangun pada 1938 di Moskow menunjukkan keindahan di tengah-tengah gelapnya pemerintahan Stalin kala itu.

Untuk mengambil gambar di tiap lokasi, Burdeny mesti mengurus izinnya terlebih dahulu. Burdeny mengaku, untuk foto-fotonya itu, ia menghabiskan biaya hingga 10 ribu dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 138,7 juta.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com