Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Optimalkan Kamar Sempit jika Anak Lebih dari Satu?

Kompas.com - 29/12/2015, 16:37 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberikan alternatif produk inspire yang bisa disesuaikan dengan konsep kamar anak dengan tema tertentu, kreativitas dan imajinasi anak akan semakin terasah. Kamar bisa dirancang untuk merefleksikan mimpi, hobi, dan kesukaannya dengan pilihan tema superhero, tokoh kartun, atau olahraga.

Pertanyaannya, bagaimana mengoptimalkan ruang kamar sempit yang dimanfaatkan untuk lebih dari satu anak?

Desainer GTS PT Granitoguna Building Ceramics, M Zachri Zelhas, mengatakan bahwa kondisi seperti itu biasa dialami oleh banyak keluarga. Dia menyarankan menggunakan tile berwarna cerah sehingga muncul kesan ruang menjadi lebih luas.

"Kalau pakai assesoris mosaic sebaiknya diaplikasikan pada salah satu dinding. Misalnya, dinding yang berpapasan dengan tempat tidur sehingga bisa dijadikan sebagai backdrop," ujar Zachri, Selasa (29/12/2015).

"Selain itu, gunakan juga furniture built-in karena hal itu akan sesuai dengan ukuran kamar dan pemanfaatan ruang bisa lebih efisien," tambahnya.

Zachri menyarankan agar ukuran tile disesuaikan dengan besaran ruangan. Jika ruang tidur cukup besar; baik untuk single atau double, dia menyarankan menggunakan ukuran yang lebih besar, misalnya ukuran 60x60 cm.

"Kalau ruangannya tidak begitu besar, kita bisa gunakan tile dengan ukuran 40x40 cm," kata Zachri.

Agar tercipta suasana hangat, lanjut Zachri, pemilihan warna tile bisa diarahkan pada warna-warna redup. Selain tema yang digunakan, pemilihan warna itu juga memperlihatkan selera yang berbeda antara anak laki-laki dan perempuan.

"Warna umum yang digunakan untuk anak laki-laki biasanya biru, hitam, atau merah, sedangkan untuk anak perempuan banyak memakai warna pink, kuning, dan putih," ujarnya.

Zachri menambahkan, lantai kamar merupakan hal yang sangat penting bagi anak, selain tempat tidurnya sendiri. Di situlah anak-anak sering berkegiatan, mulai kebiasaan berbaring di lantai sambil mendengarkan musik, membaca buku, atau mengerjakan tugas sekolah.

"Untuk itu, tekstur dari keramik yang digunakan perlu diperhatikan. Permukaan yang mengkilap untuk kamar tidur anak dapat menjadi solusi. Dengan begitu, lantai akan terasa nyaman saat digunakan untuk berbaring, duduk, dan bermain," kata Zachri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com