Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Global Mendongkrak Harga dan Gengsi Properti

Kompas.com - 17/11/2015, 18:20 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan tanpa alasan para pengembang besar menggandeng nama dan merek tenar kaliber internasional untuk mengelola properti yang dibangunnya.

Sebut saja Raffles Hotel di Ciputra World Jakarta Jl Prof Dr Satrio, St Regis di The Capital di kawasan gatot Subroto, Waldorf Astoria di Thamrine Nine Jl MH Thamrin, dan Sofitel So di The Hundred, Mega Kuningan.

Satu hal yang pasti adalah nama dan merek global tersebut semakin memperkuat citra, nilai, dan prestise proyek properti tersebut.

Research Director Savills Indonesia, Anton Sitorus, mengutarakan pendapatnya kepada Kompas.com, Selasa (17/11/2015). 

Menurut Anton, merek asing cukup signifikan pengaruhnya terhadap citra, nilai, dan prestise proyek.

Terlebih merek-merek dengan reputasi bonafid macam St Regis, The Westin, Luxury Collection, JW Marriott, The Ritz-Carlton, Sofitel So, sekadar menyebut nama, punya pelanggan asing dengan profil yang juga tidak diragukan.

"Tamu-tamu asing itulah pasar potensial yang dibidik oleh para pengembang, selain pembeli domestik dari kelas atas yang dibidik," jelas Anton. 

www.ciputraworldjakarta.com Ciputra World Jakarta
Hal senada dikemukakan CEO Farpoint Realty, Jusup Halimi. Dia mengatakan, kehadiran brand Sofitel So yang merupakan salah satu merek premium Accor Group, semakin memperjelas posisi pasar The Hundred.

"The Hundred merupakan pengembangan terpadu yang mewah, prestisius, dan layak dijadikan pilihan destinasi internasional. Tentunya ini cukup berperan sebagai tambahan nilai investasi. Tidak hanya dari sisi harga jual," jelas Jusup, Senin (16/11/2015).

Tanpa merek asing

Lantas bagaimana nasibnya bila properti-properti tersebut tidak bekerjasama dengan rantai global yang menjadi andalannya sekarang?

Anton mengatakan tidak mudah meyakinkan pasar untuk membeli dan berinvestasi di proyek-proyek properti tanpa merek internasional. 

"Enggak gampang properti mereka terjual. Apalagi proyek yang dibanderol dengan harga di atas Rp 45 juta per meter persegi," tambah Anton.

Namun demikian, Anton menekankan, digandengnya brand-brand asing tersebut tentunya sudah melalui pertimbangan matang.

Pengembang sudah merancang positioning pasar, dan calon peembeli yang dibidik. Bahkan kebijakan pricing atau harga jual pun sudah ddirancang sedetail mungkin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com