Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Konsorsium Bersaing Menangkan Tender Tol Manado-Bitung

Kompas.com - 30/09/2015, 18:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam pengusahaan Jalan Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menampung empat konsorsium untuk tender. Konsorsium tersebut antara lain konsorsium pimpinan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, konsorsium Jasa Marga (Persero) Tbk, konsorsium PT PP (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Bangun Tjipta Sarana dan HCM Dewanto asal Malaysia.

"Undangannya masuk November 2015. Sekarang masih menyiapkan dokumen," ujar Pelaksana Tugas Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna, di Jakarta, Rabu (30/9/2015).
 
Herry mengatakan, pemenang dari empat konsorsium ini akan diumumkan pada Februari-Maret 2015. Sedangkan proses penandatanganan kontrak akan dilakukan pada Mei 2015. Meski demikian, proses ini masih memungkinkan untuk dipercepat. Pasalnya, pembebasan lahan sudah mencapai 94 persen dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. 
 
"Kami akan percepat proses-proses yang bisa dipercepat, paling tidak Mei tahun depan konstruksi sudah bisa dimulai," kata Herry. 
 
ilustrasi jalan tol
Sementara itu, pada hari ini ditandatangani pula paket penandatangan pembangunan jalan Tol Manado-Bitung untuk seksi I segmen 2 yang merupakan bagian pemerintah yang akan dibiayai oleh dana pinjaman (loan) China senilai Rp 1,24 triliun.  
 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com