Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hemat Mengecat Rumah

Kompas.com - 06/09/2015, 15:00 WIB
Nathania Hapsari

Penulis

Sumber Edupaint

KOMPAS.com - Menggunakan cat dinding untuk merenovasi interior maupun eksterior memang langkah yang mudah dan terbilang cepat. Namun, teknik pengerjaan yang salah dapat menambah jumlah kebutuhan cat yang berarti menambah pula biaya yang harus dikeluarkan.

Ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan dalam mengaplikasikan cat dinding agar penggunaannya lebih maksimal dan tidak boros.

1. Kualitas cat

Jangan menjadikan warna cat sebagai satu-satunya patokan dalam memilih. Perhatikan pula kualitasnya. Untuk melapisi dinding seluas 9 meter persegi, dibutuhkan sekitar satu galon cat dinding.

Cat yang bagus yang perlu dilapis ulang dua sampai tiga kali. Namun bila cat harus ditambahkan lapisannya hingga berkali-kali karena buruknya kualitas cat, maka jumlah cat yang dibutuhkan akan bertambah.

shutterstock Ilustrasi
2. Teknik aplikasi 

Teknik menyemprot dapat dilakukan untuk bagian eksterior dan sebuah area pengecatan yang luas karena akan lebih menghemat waktu. Selain karena luasnya area yang harus dilapisi, risiko cat yang menyembur ke bagian lain pun tidak akan separah pengecatan interior. Risiko semburan cat bisa mengenai aksesori ataupun furnitur.

3. Warna cat pelapis.

Anda tentu harus melapisi tembok tersebut dengan cat pelapis, sehingga warna cat baru tampil maksimal. Memilih warna abu-abu sebagai cat pelapis, merupakan trik tepat agar warna cat baru lebih mudah muncul ketika diaplikasikan pada dinding.

Jika Anda mencoba untuk menutup warna yang lebih gelap dengan warna cat baru yang lebih ringan, butuh lebih banyak cat pelapis sebelum mengaplikasikan warna cat yang baru pada dinding.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com