Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepuluh Warna Cat Paling Disukai Konsumen Indonesia

Kompas.com - 08/07/2015, 01:01 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebaran adalah perayaan yang identik dengan kebersamaan bareng keluarga. Dalam menyambut hari raya Idul Fitri, umumnya masyarakat Indonesia menyiapkan suasana baru di rumahnya, antara lain dengan mengubah dekorasi.

Untuk itu, PT ICI Paints mengeluarkan warna-warna baru pada salah satu produknya, yakni Duluxcatylac. Warna-warna ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

Menurut Head of Brand and Consumer Marketing Akzonobel Anastasia Tirtabudi, konsumen sering tidak percaya diri dalam memilih warna. "Saat pilih warna, konsumen sering bingung mau warna apa. Ketika ingin warna biru, biru yang seperti apa?" ujar Anastasia di Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Anastasia melanjutkan, untuk mengatasi kebingungan tersebut, konsumen lalu mendatangi toko cat dan bertanya soal warna yang sesuai. Namun, bukannya mendapat pencerahan, konsumen malah semakin bingung ketika dihadapkan banyak pilihan.

Pada akhirnya, kata dia, konsumen mencari cara aman dengan memilih warna yang sudah sering dipakai, yaitu putih. Untuk memberikan warna lainnya, Dulux menyiapkan 10 pilihan warna eksterior dan 10 interior favorit atau yang paling disukai di Indonesia. Kesepuluh warna tersebut merupakan kombinasi warna utama dengan warna turunannya.

"Warna ini didapat selain dari data penjualan, kami juga adakan studi mini dari data konsumen kami yang terkonsentrasi di kota besar, yaitu Jakarta dan Surabaya," kata Anastasia.

Riset ini, tambah dia, belum lama dilakukan, karena preferensi warna setiap tahun bisa berubah. Ia menyebutkan, tahun lalu warna favorit menjelang Lebaran adalah perak. Kini, warna favorit sudah bergeser.

Warna-warna tersebut antara lain putih, netral hangat, netral sejuk, merah, oranye, kuning, hijau, tosca, biru dan ungu. Untuk interior, warna favoritnya adalah putih, light cream, cascade, pinky, sunshine, lime yellow, green romantic, peacock' plume, venice blue, dan magic purple.

Sementara untuk eksterior adalah putih, delight creme, grey sand, pink metropop, splash orange, light sun, green lime, surf spray, cloudy blue, dan violet vell.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com