Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra Kucurkan Rp 25 Miliar Bangun Pelebaran "Flyover" Deli Serdang

Kompas.com - 06/03/2015, 14:34 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Ciputra Group anggarkan dana senilai Rp 25 miliar untuk mengembangkan pelebaran jembatan layang (fly over) Kolam Medan Estate, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Fly over yang sudah ada selebar 9 meter dan dengan dikerjakannya pelebaran ini, nantinya lebar jalan menjadi 20 meter. Dengan demikian jembatan layang ini akan menjadi akses menuju kawasan CitraLand Bagya City yang dikembangkan Ciputra Group.

General Manager CitraLand Bagya City, Wibowo Raharjo, menjelaskan, jembatan layang ini melintang di atas tol Belmera Bandar Selamat KM 20+718 dengan panjang struktur jembatan 407.880 meter. Sementara bagian yang tepat berada di atas tol Balmera Bandar Selamat sepanjang 34,8 meter.

"Nilai investasi pelebaran jembatan layang ini sebesar Rp 25 miliar. Kami yang menanggung biaya pelebaran jalan ini sepenuhnya," ujar Wibowo dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (6/3/2015).

Lebih jauh Wibowo menambahkan, pekerjaan struktur fly over ini sudah dimulai sejak awal Februari 2015 lalu. Tiang pancang sudah ditanam di sisi-sisi jembatan yang lama. Meski begitu, seremoni peletakan batu pertama akan dilakukan pada Ahad, 8 Maret 2015.

Kota baru

Ciputra Group mengembangkan CitraLand Bagya City sebagai sebuah kota baru. Berkolaborasi dengan KPSN, kota baru seluas 211 hektar ini dirancang dengan mengintegrasikan kawasan hunian, kawasan perdagangan dan perkantoran, pusat belanja, pasar modern, hotel, apartemen, sekolah, perguruan tinggi, rumahs akit, dan taman air.

"Selain itu, akan dikembangkan juga fasilitas perkotaan dengan basis ekonomi kreatif entrepreneurial, serta membentuk komunitas masyarakat yang berbudaya," ucap Wibowo.

CitraLand Bagya City akan dikembangkan dalam 4 tahap. Pembangunan tahap pertama seluas 63,4 ha terdiri dari 863 unit kavling dan rumah dilengkapi dengan kawasan komersial terdiri dari 730 unit ruko, 17 kavling komersial, kawasan superblok, serta kawasan rekreasi keluarga yang terbagi dalam tiga fasilitas, yaitu taman air seluas 1,5 hektar, klub keluarga seluas 1,4 hektar serta ruang terbuka hijau 12 hektar.

"Nilai investasi tahap pertama kami alokasikan sebesar Rp 1,2 triliun," tandas Wibowo.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com