Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Singapura Perkuat Cengkeraman di Indonesia

Kompas.com - 18/01/2015, 22:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Raksasa properti asal Singapura, Keppel Land, semakin memperkuat pengaruhnya di Indonesia dengan mengakuisisi lahan seluas 4,6 hektar dengan nilai Rp 381,5 miliar. Lahan ini akan dipergunakan untuk pengembangan hunian kelas menengah bertajuk West Vista.

Keppel Land berencana meluncurkan West Vista yang berlokasi di Jakarta Barat pada kuartal pertama tahun 2015. Hunian ini mencakup 4.000 unit apartemen berbagai tipe, mulai tipe studio hingga tiga kamar tidur, serta dilengkapi dengan ruko dan kios.

Presiden Direktur Keppel Land Indonesia, Sam Moon Thong, mengatakan, Indonesia merupakan salah satu kunci pertumbuhan pasar Keppel Land. Untuk itu, pihaknya akan terus memperkuat kehadiran mereka di Indonesia.

"Salah satunya dengan terus menambah investasi dan portofolio seperti West Vista. Lokasi hunian ini hanya berjarak 15 menit berkendara dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta," tutur Sam, Minggu (18/1/2015).

Sam menambahkan, West Vista ditargetkan selesai pembangunannya dan mulai diserahterimakan secara bertahap dua tahun ke depan, yakni pada 2017.

Selain membangun West Vista, Keppel Land kini juga tengah menggarap menara kembar perkantoran International Financial Center (IFC) di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Menara ini dijadwalkan kelar pada semester dua 2015.

Keppel Land hanya satu dari sekian nama besar asal negeri Singa yang menjadikan Indonesia sebagai wilayah ekspansi bisnis. Nama lainnya adalah GIC Pte Ltd, lembaga investasi yang berkolaborasi dengan sayap properti Rajawali Corporation, Greenland Rajawali Utama. Keduanya  menjalin aliansi strategis dan membentuk perusahaan patungan ventura bernama PT Mahkota Prima Properti.

Mahkota Prima Properti membangun Capital Place, gedung perkantoran di bilangan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Capital Place yang dirancang seluas 90.511 meter persegi (nett leasable area atau NLA) merupakan bagian dari pengembangan properti multifungsi Capital Place di area 2 hektar. Selain gedung perkantoran, terdapat hotel mewah yang dikelola St Regis Hotels and Resorts, dan ruang ritel dengan tenant-tenant premium.

Kemudian CapitaLand dengan bendera The Ascott Limited. Pengembang ini mengukuhkan kehadirannya dengan sepuluh portofolio perhotelan dan apartemen servis di Indonesia. Terbaru, mereka mengakuisisi Ascott Kuningan Jakarta senilai Rp 835 miliar dari PT Ciputra Property Tbk.

The Ascott Limited juga akan mengelola Somerset Kencana Jakarta Pondok Indah, dan Ascott Waterplace Surabaya tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com