Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2014, 14:03 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Banyak ragam material untuk membangun home theater. Namun, perlu diingat bahwa syarat untuk material akustik mencakup dua hal penting, yakni kekedapan dan penyerapan suara.

Kekedapan suara terkait hubungan antara dua ruang yang dipisahkan oleh partisi. Kehadiran partisi ini tidak akan mengganggu ruang di sebelahnya atau suara dari luar tidak akan mengganggu ruangan tersebut. Sementara itu, penyerapan suara berkaitan dengan pengurangan efek gema yang dapat mengganggu komunikasi dalam ruangan.

Saat ini salah satu material yang dapat menjawab permasalahan kekedapan dan penyerapan suara di dalam home theater adalah gipsum. Dengan material gipsum sebagai partisi atau plafon, keberadaan bioskop mini di rumah tidak akan mengganggu ruang-ruang di sebelahnya dengan munculnya kebocoran suara.

"Agar suara dari ruangan tersebut tidak tembus keluar, Sound Transmission Class (STC) perlu diperkuat," ujar Suwarso, System Development Rep PT Petrojaya Boral Plasterboard.

"Pertama, harus dihitung dulu kebutuhan ruangnya. Kemudian, setelah nilai kekedapan suara atau STC keluar, barulah dilakukan treatment, bisa menggunakan papan gipsum solid dengan ketebalan standar 9 milimeter sampai 12 milimeter," tambahnya.

www.shutterstock.com Setelah kekedapan suara diatasi, tambahkan material gipsum khusus untuk penyerap suara. Penyerapan suara dalam ruangan tidak dihilangkan, hanya saja harus dikendalikan agar sesuai keinginan.
Selanjutnya, setelah kekedapan suara diatasi, tambahkan material gipsum khusus untuk penyerap suara. Penyerapan suara dalam ruangan tidak dihilangkan, hanya saja harus dikendalikan agar sesuai keinginan.

Di Jayaboard, lanjut Suwarso, produk papan gipsum yang mampu menyerap suara adalah Jayabell. Papan ini memiliki beberapa motif, antara lain kotak atau bulat.

"Jadi, selain menjawab fungsi akustik papan juga dapat diterapkan untuk sisi estetika ruangan," ujarnya.

Namun demikian, keberhasilan pengaturan suara dalam home theater tidak hanya tercipta dari pengaturan kekedapan dan penyerapan suara. Menurut dia, sebuah partisi tidak bisa berdiri sendiri.

"Ada material lainnya yang dapat menyebabkan kebocoran suara, misalnya dari pintu atau kusen jendela," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com