Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsitek Swiss Sukses Bangun Gedung Olahraga di Brasil

Kompas.com - 22/04/2014, 08:47 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Akhirnya, konsultan arsitektur asal Swiss Herzog & de Meuron berhasil merampungkan proyek gubahannya, Morro Arena, di Kota Natal, Rio Grande do Norte, Brazil. Bagunan ini merupakan bagian dari sekolah Dinarte Martiz. Centro Sócio Pastoral Nossa Senhora de Conceição dan Ameropa Foundation secara resmi membuka gedung olah raga yang ada di daerah Mae Luiza tersebut pada awal bulan ini.

Pembangunan fasilitas yang dimulai tahun 2009 lalu tersebut sebenarnya merupakan bagian dari proyek lebih besar. Lingkungan Mae Luiza, tempat gedung olah raga ini berada, semula merupakan hunian informal. Kini, Mae Luiza telah berkembang, dan butuh perencanaan matang dan terarah.

Pusat olahraga Morro Arena merupakan proyek pertama dalam rancangan tata wilayah yang dikembangkan Herzog & de Meuron bersama Centro Sócio Pastoral Nossa Senhora de Conceição.

Morro Arena memiliki kapasitas untuk 350 orang. Bangunan tersebut bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ruang serbagunanya bisa digunakan untuk menari, ada pula ruang kelas, serta sebuah teras dengan pemandangan laut. Tentu saja, gedung olah raga ini juga memiliki ruang atau lapangan untuk kegiatan olah tubuh, serta ruang loker untuk berganti pakaian.

Para arsitek yang tergabug dalam proyek ini mengungkapkan, ruang olahraga ini merespon kondisi lokal. Identitas dan karakternya dibentuk oleh lanskap unik dan kreativitas komunitasnya. Proyek ini akan menyediakan perlengkapan olah raga bagi para murid dan akan menjadi tempat pertemuan bagi lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com