Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Bulan Madu JFK Dijual Rp 1,5 Triliun

Kompas.com - 08/04/2014, 17:35 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Rumah bulan madu mendiang pasangan nomor wahid Amerika Serikat, John F Kennedy dan Jacky Onassis ditawarkan kepada publik dengan harga 135 juta dollar AS atau setara Rp 1,5 triliun!

Rumah ini bukan properti biasa, melainkan pernah menjadi latar sebuah adegan film populer  yang diperani Marlon Brando, dan Al Pacino, "The Godfather". Menurut Curbed, rumah legendaris yang dijuluki Beverly House di Los Angeles, tersebut masuk daftar penjualan berkali-kali, dan belum laku juga.

Pertama kali, rumah ini ditawarkan kepada publik pada 2007 silam dengan nilai 165 juta dollar AS atau setara Rp 1,8 triliun. Tak kunjung menarik minat calon pembeli, harga pun diturunkan menjadi 95 juta dollar AS (Rp 1,073 triliun) pada 2010. 

Tiga tahun kemudian, yakni Februari 2013, rumah ini kemudian disewakan dengan patokan harga 600.000 dollar AS (Rp 6,7 miliar) per bulan. Menariknya, tarif sewa ini menjadikannya termahal di Amerika Serikat.

Menurut laporan New York Daily News, hunian tersebut kembali dibuka kepada publik. Kali ini dengan banderol 135 juta dollar AS (Rp 1,5 triliun).

Lantas, apa yang membuat rumah mewah yang dirancang Gordon Kaufmann ini begitu istimewa dan dihargai triliunan Rupiah? Selain fakta bahwa tampilan visualnya benar-benar menarik, bangunannya luar biasa luas yakni 4.645 meter persegi di atas area 1,5 hektar. Tak tanggung-tanggung, di dalamnya terdapat 28 kamar tidur.

Awalnya, rumah Beverly dibangun pada 1926 dan dihuni eksekutif perbankan, Milton Getz. Kemudian pada tahun 1946, aktris Marion Davies membelinya untuk William Randolph Hearst dan menghabiskan sisa hidupnya di sini.

Sebelum dijadikan latar film peraih Oscar, "The Godfather", mantan presiden AS John F Kennedy dan istrinya pernah menjadi tamu dan menghabiskan bulan madu mereka di sini. Sekarang, Beverly House dimiliki oleh seorang pengacara yang juga investor, Leonard M Ross.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com