Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Makin Menggurita di Indonesia

Kompas.com - 28/03/2014, 17:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Selain sektor otomotif, raksasa Jepang juga sudah lama "menanam" tentakelnya di sektor properti Indonesia sejak tiga dekade lalu. Cengkeraman tersebut kian menguat saat investor (pengembang) yang selama ini menjadi raja di negaranya mulai mengincar Indonesia.

Salah satunya adalah Marimo Co., Ltd. Kelompok bisnis yang populer dengan sebutan pengembang sejuta menara kondominium di Negeri Sakura itu akan memperluas jaringannya dengan membangun properti sejenis di Bekasi. Melalui PT Marimo Property, mereka akan berkolaborasi secara strategis dengan PT Metropolitan Land Tbk (Metland).

"Kami akan membangun apartemen di Bekasi, karena pasarnya luar biasa besar. Di sini banyak kawasan industri yang diisi perusahaan nasional dan juga multinasional seperti Toyota, dan Honda yang juga berasal dari Jepang," ujar Presiden Direktur PT Marimo Property, Yasuhiko Kawai, kepada Kompas.com, Jumat (28/3/2014).

Sebagai langkah pertama, Marimo membeli 48 unit apartemen dan sebagian unit perkantoran M Gold Tower Bekasi. Perkantoran ini dikembangkan oleh Metland.

"Apartemen tersebut akan mereka sewakan kembali kepada ekspatriat asal Jepang dan negara Asia lainnya. Sementara perkantorannya akan mereka gunakan sendiri," kata Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk., Nanda Widya.

Kehadiran Marimo Co. Ltd., menambah panjang daftar pengembang Jepang di Indonesia. Gelombang pertama yang membawa arus kapital Negeri Sakura tersebut adalah Mitsui Corporation, JAL Hotels Corporation, Tokyu Land, Sumitomo, Kyoei Corporation, dan Shimizu Corporation. Selain itu, ada juga Marubeni, Kajima, Sojitz, dan Itochu sebagai generasi berikutnya.

Menariknya, perusahaan-perusahaan tersebut tak hanya berbisnis inti sebagai developer, melainkan juga kontraktor. Proyek-proyek yang mereka bangun berpengaruh besar terhadap konstelasi sektor industri properti di Indonesia. Bahkan, beberapa di antaranya berkontribusi positif dan mendorong pertumbuhan perekonomian Nasional, seperti kawasan industri.

Jenis-jenis properti tersebut ditempati perusahaan-perusahaan Jepang yang membangun pabrik sekaligus berproduksi di sini. Sebagian besar bergerak di bidang industri otomotif, makanan, kimia, material bangunan dan lain sebagainya yang padat modal dan tenaga kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com