Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, Bandara Internasional Sepinggan Dilengkapi Pusat Belanja

Kompas.com - 22/03/2014, 15:01 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Terminal baru Bandar Udara Internasional Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, yang mulai beroperasi sejak Sabtu (22/3/2014) subuh tadi, dirancang berbeda dengan Bandara lainnya yang ada di Indonesia.

Terminal ini hadir dengan konsep baru. Selain ramah lingkungan dan hemat energi, juga dilengkapi pusat belanja.

Konsep ramah lingkungan dan hemat energi direpresentasikan oleh karakteristik bangunan fisik. Atapnya seperti lempeng daun sedikit bergelombang, yang beberapa bagiannya bermaterikan  kaca.

Selain atap, beberapa sisi dinding bangunan juga berasal dari kaca. Dengan model ini, memungkinkan sistem pencahayaan dari sinar matahari, dapat masuk secara maksimal ke dalam gedung terminal hingga ke lantai dasar.

“Semua open sehingga pada siang hari tidak membutuhkan penggunaan lampu. Pada malam hari pun lampu yang digunakan adalah lampu hemat energi dan LED. Selain itu, banyak unsur kembali ke alam (back to nature),” kata Direktur Teknik Angkasa Pura I, Polana Banguningsih, kepada Kompas.com.

Selain fasad, konsep ramah lingkungan juga dapat ditemukan pada sistem pengelolaan dan penggunaan air. 

“Air yang sudah digunakan tidak langsung dibuang, melainkan didaur ulang dan digunakan kembali untuk hidran. Tidak keseluruhan yang digunakan, tetapi sebagian besar lagi digunakan kembali,” jelas Head of Sepinggan Airport International Balikpapan Project, Taochid Purnomo Hadi.

Bandara ini dipercantik dengan kehadiran "hutan mini". Aneka tumbuhan cukup rapat menghias lobi dan taman di tengah lantai dasar. Bukan sekadar ornamen,  "hutan mini" ini juga dimaksudkan sebagai simbol identitas kota Balikpapan, dan juga Pulau Kalimantan secara umum.

“Kalimantan kan banyak hutan. Jadi dihadirkan pula "hutan mini" dan tiang-tiang ornamen yang berbentuk batang melambangkan jungle, sehingga landscape tampak alami dan elegan,” kata Polana.

Mal masuk bandara

Selain terdapat "hutan mini", terobosan lain yang dihadirkan Angkasa Pura I untuk Terminal baru Bandara Internasional Sepinggan ini adalah pusat belanja. Mal ini dikembangkan untuk melayani penumpang dan juga masyarakat umum.

Menurut Polana, kehadiran pusat belanja di Terminal baru Bandara Internasional Sepinggan, bertujuan untuk dapat memberikan konstribusi signifikan terhadap pendapatan berkelanjutan (recurring income) Angkasa Pura I.

Airport  ini dilengkapi mal. Terminal bandara tentu memiliki banyak area komersial. Dan mungkin di Indonesia, ini baru pertama kali Bandara dilengkapi pusat belanja,” kata Polana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com