Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Rumah Pintar Sudah Hadir di Indonesia

Kompas.com - 18/03/2014, 13:55 WIB
Tabita Diela

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua puluh atau bahkan sepuluh tahun yang lalu, smart home hanya menjadi konsumsi anak-anak di film, komik, dan cerita fiksi ilmiah. Bagaimana mungkin, hanya dengan menekan sebuah tombol atau bahkan menepuk tangan, lampu, televisi, dan pendingin udara di dalam rumah akan menyala, dan gorden menutup?

Seiring kemajuan teknologi, kini smart home atau rumah pintar bukan lagi impian. Anda sendiri bisa memilikinya tanpa perlu meminjam teknologi dari Mister Spock.

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda perlu kenal dengan istilah smart home. Menurut Kamus Bahasa Inggris Oxford, definisi smart home adalah sebuah rumah yang "dipersenjatai" dengan pencahayaan, pemanas, dan barang-barang elektronik. Semua unsur tersebut bisa dikendalikan dengan telepon cerdas (smartphone) atau komputer.

GM Telkom Bekasi Herlan Wijanarko, mengatakan, cikal-bakal rumah pintar di Indonesia sebenarnya sudah ada. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk sudah merintisnya saat melakukan kerjasama dengan sebuah perumahan buatan ISPI Group di Bekasi, Jawa Barat.

Perumahan tersebut, ujar Herlan, sudah menggunakan Indihome, khususnya produk Triple Play. "Perumahan ini kami lengkapi dengan Indihome, produk Triple Play. Setiap rumah harus menjadi smart home," ujarnya. 

Menurut Herlan, kini setiap rumah tidah cukup hanya memiliki satu jalur telepon. Masyarakat butuh layanan yang lebih terintegrasi, seperti akses internet dan televisi di rumahnya. "Kami ingin tiap rumah harus menjadi rumah pintar. Kebutuhan dasar, internet, harus balance dengan edutaiment," tandas Herlan.

Perlu diketahui, Triple play merupakan salah satu produk inovasi Telkom yang menggabungkan layanan IP phone, internet dan IPTV (Yes TV) dalam satu saluran melalui kabel fiber optic yang sama ke rumah pelanggan. Dengan produk ini, pelanggan dapat menggunakan ketiga layanan tersebut dalam waktu bersamaan tanpa harus mematikan salah satunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com