Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Rp 200 Miliar, Metland Bangun Mal di Cileungsi

Kompas.com - 17/03/2014, 15:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Metropolitan Land Tbk (Metland) terus menambah portofolio proyek komersialnya. Tahun ini Metland berencana memulai pembangunan Metropolitan Mall Cileungsi di kawasan perumahan milik Metland, yakni Metland Cileungsi, Bogor Jawa Barat.

Rencananya, Metland juga akan melengkapi mal dengan perkantoran dan hotel di bawah bendera Metland Hotel. Luas lahan yang disiapkan sebesar 5 hektare (ha).

"Konsepnya kurang lebih sama dengan proyek teranyar kami, Grand Metropolitan Mall di Bekasi," jelas Olivia Surodjo, Direktur dan Sekretaris Perusahaan Metland kepada KONTAN, Minggu (16/4/2014) kemarin.

Di tahap pertama, menurut Olivia, Metropolitan Mall Cileungsi didesain memiliki luas area yang bisa disewakan 20.000 meter persegi (m²) hingga 25.000 m². Target pasarnya adalah kelas menengah. Meski pembangunannya belum dimulai, namun Matahari Department Store dan Gramedia dipastikan akan menjadi anchor tenant.

Sayangnya, Olivia belum bisa menjelaskan konsep perkantoran dan hotel yang akan didirikan lantaran proses desain masih finalisasi.

"Kami ingin fokus membangun mal dulu," terangnya.

Untuk pembangunan proyek mal saja, kata Olivia, Metland siap menanamkan investasi senilai Rp 200 miliar. Adapun pembangunan dijadwalkan berlangsung mulai semester II–2014 sampai awal 2016 mendatang.

Melalui proyek-proyek komersialnya ini, Metland berharap porsi pendapatan berulangnya terangkat menjadi 40% dalam tiga tahun ke depan. Saat ini, pendapatan berulang perusahaan itu telah meningkat menjadi 35% berkat pengoperasian Grand Metropolitan Mall, dari sebelumnya hanya 29%–30%.

Selain mal, menurut Olivia, pendapatan berulang juga disumbang divisi hotel. Pada semester II–2014, Metland juga akan mulai membangun hotelnya kelima, yakni Metland Hotel Lampung.

Selain itu, Metland juga tengah menyiapkan proyek Metland West City, yang membentang di atas lahan seluas 60 ha di Puri, Jakarta Barat. Namun, Olivia belum bisa memastikan kapan proyek di Puri bisa mulai bergulir lantaran proses due diligence dengan calon investor belum rampung.

(Adisti Dini Indreswari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com