Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latar Film Bisa Jadi Inspirasi Desain Rumah Anda

Kompas.com - 22/01/2014, 07:33 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Latar tempat atau setting merupakan salah satu unsur penting dalam sebuah film. Jika direka dengan penuh kehati-hatian dan terperinci, latar tersebut mampu membuat penontonnya meraih gambaran yang diinginkan sang sutradara.

Hal serupa dibuat oleh desainer produksi Laura Ballinger Gardner. Gardner membuat penataan untuk apartemen milik Charlie, seorang tokoh dalam film seri Girls di saluran HBO. Meski dibuat untuk keperluan film, Anda pun bisa meniru penataannya.

www.dailymail.co.uk Gardner mendesain interior sebuah apartemen studio. Dia membagi apartemen tersebut menjadi dua level dengan menggunakan tempat tidur custom yang dibuat khusus. Bagian atas tempat tidur bisa digunakan sebagai ruang duduk mungil.
Gardner mendesain interior sebuah apartemen studio. Dia membagi apartemen tersebut menjadi dua level dengan menggunakan tempat tidur custom yang dibuat khusus. Bagian atas tempat tidur bisa digunakan sebagai ruang duduk mungil. Furnitur yang digunakan berbahan kayu dengan terang untuk apartemen berdinding bata ekspos. Dia menggunakan nuansa terang untuk mengimbangi dinding yang tampak "berat".
 
Dalam film ini, Charlie digambarkan tengah mencari pekerjaan, meski juga sedang bekerja di  kantor arsitektur sebagai pengrajin kayu. Berangkat dari karakter tokoh tersebut, Gardner pun membuat apartemen tersebut terasa seperti menggunakan perabot hasil buatan sang tokoh sendiri. Maka itu, dia memilih tempat tidur, rak, dan meja custom.
 
www.dailymail.co.uk Berangkat dari karakter tokoh tersebut, Gardner pun membuat apartemen tersebut terasa seperti menggunakan perabot hasil buatan sang tokoh sendiri. Maka itu, dia memilih tempat tidur, rak, dan meja custom.
Gardner tidak hanya membuat rancangan apartemen studio untuk Charlie. Dia juga membuat desain untuk Shoshanna. Berbeda dari tokoh Charlie, Shoshanna digambarkan lebih peka terhadap tren. Apartemennya dipenuhi dengan sinar matahari, memiliki walk-in closet dengan ukuran sedikit lebih besar dari kamar mand.

Sementara itu, karena ukuran apartemennya lebih besar, maka tokoh Shoshanna mampu membuat zona atau area-area tersendiri di dalam apartemennya. Dalam desain tampak bahwa ceruk, area rug, bahkan gantungan baju mampu Anda manfaatkan sebagai membatas ruangan.

www.dailymail.co.uk Mendesain kamar untuk perempuan dan laki-laki sebenarnya tidak berbeda jauh dalam hal konsep. Namun, Gardner menunjukkan bahwa dia menggunakan beberapa pemilihan warna berbeda. Untuk kamar tokoh Adam, Gardner menggunakan nuansa warna yang lebih gelap dan cenderung bernuansa warna coklat.
Mendesain kamar untuk perempuan dan laki-laki sebenarnya tidak berbeda jauh dalam hal konsep. Namun, Gardner menunjukkan bahwa dia menggunakan beberapa pemilihan warna berbeda. Untuk kamar tokoh Adam, Gardner menggunakan nuansa warna yang lebih gelap dan cenderung bernuansa warna coklat.

Gardner mendesain bagi tokoh-tokoh dalam film, sesuai dengan karakternya. Bagi Anda yang ingin mendesain interior rumah atau kamar, mungkin bisa menyontek caranya dengan mengadopsi karakter dan kebutuhan Anda sendiri di dalam rumah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com