Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyulap Toko Daging Jadi Rumah yang Asyik!

Kompas.com - 10/01/2014, 15:57 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Arsitek asal Perancis, Paul Coudamy, mengubah toko daging di daerah suburban Paris menjadi rumah tinggal. Berdasarkan foto-foto dirilis oleh Dezeen, rumah tersebut tampak mampu memenuhi gaya hidup penghuninya dengan menyediakan banyak ruang untuk buku, alat musik, dan ruang bersantai.

www.dezeen.com Rak buku yang hampir menutupi salah satu permukaan dinding tersebut secara khusus didesain oleh Coudamy. Uniknya, rak buku tersebut tidak hanya dibuat dari kayu. Beberapa bagian dalam rak buku tersebut dibuat dari baja dan tampak menyembul keluar.
Toko daging tersebut berada di Bagnolet, salah satu daerah suburban di pinggir Paris, Perancis. Coudamy mengubahnya secara profesional menjadi rumah tinggal. Dia mengeksplorasi berbagai kemungkinan yang bisa dilakukan untuk mengubah properti publik menjadi properti pribadi.

www.dezeen.com Sama seperti toko-toko pada umumnya, rumah ini pun masih memiliki jendela kaca besar di bagian fasad bagunan. Kini, area tersebut diubah menjadi ruang keluarga dan perpustakaan.
"Merenovasi tempat usaha untuk mengubahnya menjadi tempat tinggal kini merupakan praktik yang lazim di Paris dan daerah suburban di sekitarnya. Ini sebuah praktik dalam bidang arsitektur yang membutuhkan pemikiran konsep baru dalam gaya hidup, saling bertukar antara kehidupan pribadi dan kehidupan publik," ujar sang arsitek.

www.dezeen.com Penggunaan baja dan kayu pun kembali diulang pada tangga spiral menuju ke lantai atas.
Sama seperti toko-toko pada umumnya, rumah ini pun masih memiliki jendela kaca besar di bagian fasad bagunan. Kini, area tersebut diubah menjadi ruang keluarga dan perpustakaan.

Rak buku yang hampir menutupi salah satu permukaan dinding tersebut secara khusus didesain oleh Coudamy. Uniknya, rak buku tersebut tidak hanya dibuat dari kayu. Beberapa bagian dalam rak buku tersebut dibuat dari baja dan tampak menyembul keluar.

www.dezeen.com Di atas, Coudamy menempatkan kamar mandi berkonsep basah dan kering. Benar-benar asyik!
Selain rak buku, ada beberapa keunikan dalam hunian ini. Pertama, tentu karena perubahan penggunaannya. Kedua, rumah ini secara khusus didesain untuk memanjakan penghuninya. Dari ruang duduk, penghuninya pun mampu memperhatikan sepeda motor kebanggaannya yang diletakkan di garasi khusus di belakang rumah.

Penggunaan baja dan kayu pun kembali diulang pada tangga spiral menuju ke lantai atas. Di atas, Coudamy menempatkan kamar mandi berkonsep basah dan kering. Benar-benar asyik!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com