Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuhi Syarat Ini, Pindah Rumah Bakal Lebih Mudah

Kompas.com - 04/01/2014, 14:16 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Menempati rumah baru bisa menjadi pengalaman yang begitu luar biasa bagi seseorang. Rasa panik, semangat, dan keingintahuan yang begitu besar terkadang justru membuat proses kepindahan menjadi lebih rumit.

Padahal, hanya ada beberapa keperluan penting yang harus segera Anda penuhi dalam proses kepindahan. Berikut ini daftarnya, seperti dikutip dalam Apartment Therapy.

 
Pertama, Anda butuh lampu darurat. Siapkan senter, lilin dan korek api, atau sumber pencahayaan darurat lainnya. Pastikan Anda mengisi penuh baterai lampu tersebut secara berkala. Lampu darurat mampu memudahkan ketika terjadi pemadaman atau korsleting listrik di rumah baru yang belum Anda kenal.
 
Kedua, pastikan Anda sudah memiliki perkakas sederhana seperti palu, obeng, bor, pembuka cat, dan berbagai perkakas lainnya. Anda pun akan membutuhkan perkakas ini ketika ingin mendekor rumah dengan menggantung berbagai foto atau lukisan di dinding. Selain itu, lengkapi juga rumah dengan perlengkapan dan larutan pembersih. Lap, spons, kemoceng, dan pel mungkin tampak sederhana, namun rumah Anda bisa tampak jauh lebih baik dengan perlengkapan ini. 
 
Selanjutnya, Anda membutuhkan kunci ekstra. Berikan kunci-kunci ini pada pasangan, anak, atau teman yang berbagi tempat tinggal dengan Anda. Selama proses kepindahan, Anda tidak perlu saling menunggu ketika harus membeli sesuatu di luar rumah.
 
Keempat, Anda membutuhkan berbagai perlengkapan makan. Garpu, sendok, pisau, panci, piring, gelas, dan mug sebaiknya tidak lupa Anda sediakan di rumah. Selain untuk diri Anda sendiri, pertimbangkan juga menyediakan berbagai perlengkapan makan untuk teman-teman dan kerabat yang membantu kepindahan. Buat acara kecil untuk menyambut mereka dan berterimakasih atas kesediaan mereka membantu Anda.
 
Kelima, Anda membutuhkan berbagai perlengkapan tidur atau bedding. Anda juga butuh beberapa perlengkapan untuk menyempurnakan kamar tidur. Sediakan karya seni kesukaan Anda dan letakkan di kamar tidur atau di ruang keluarga. Sediakan pula pojok nyaman untuk bersantai dan membaca buku.

Terakhir, jangan lupakan barang yang benar-benar Anda suka, misalnya gambar karya anak Anda. Berikan pigura dan pajang karya istimewa tersebut. Hal-hal sederhana semacam ini mampu membuat rumah terasa lebih nyaman.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com