Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah "Cerdas" Bikin Hidup Lebih Efisien!

Kompas.com - 14/08/2013, 09:50 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber fresh home
freshome Teknologi dapat menyulap rumah kita menjadi
freshome Teknologi canggih memberikan pengamanan lebih dari risiko kecelakaan di dapur. Pengaturan jumlah air, serta memasak dengan sistem induksi juga dapat membuat dapur lebih aman.
freshome Teknologi canggih juga bisa mencapai kamar mandi. Kita bisa mengontrol temperatur air, kekuatan semburan air dari pancuran, uap, audio, serta pencahayaan hanya dengan sekali sentuh.
freshome Meski tampak mewah dan mahal, suatu saat nanti teknologi canggih justru mampu membantu kita berhemat. Contoh mudahnya, kita bisa mengendalikan konsumsi air, mengawasi cara pancuran mengeluarkan air agar berhenti seketika jika tidak digunakan.
freshome Istilah
KOMPAS.com - Teknologi mutakhir memang memudahkan sekaligus mengubah cara hidup kita. Mulai dari cara kita bepergian dengan kendaraan, bersosialisasi via internet, hingga cara hidup   di rumah masing-masing.

Mari kita bayangkan pemanfaatan optimal teknologi-teknologi rumit dari video, akses data secepat kilat, teknologi nirkabel, serta otomatisasi alat elektronik. Teknologi-teknologi tersebut ternyata dapat menyulap rumah kita menjadi "rumah cerdas" yang efisien, nyaman dan terpenting hemat biaya.

Berikut ini rumah cerdas hasil memanfaatkan kemajuan teknologi:

Menjamin keamanan di dapur

Teknologi canggih memberikan pengamanan lebih dari risiko kecelakaan di dapur. Pengaturan jumlah air, serta memasak dengan sistem induksi juga dapat membuat dapur lebih aman.

Memudahkan menikmati hiburan

Teknologi canggih juga memungkinkan kita menonton "bioskop" tiga dimensi di rumah sendiri. Kita juga bisa mengontrol musik, pencahayaan, temperatur, bahkan sistem keamanan. Pastikan  menggunakan jasa konsultan "rumah cerdas" untuk memastikan keamanan dan kenyamanan di dalam rumah.

Ruang pribadi

Teknologi canggih juga bisa mencapai kamar mandi. Kita bisa mengontrol temperatur air, kekuatan semburan air dari pancuran, uap, audio, serta pencahayaan hanya dengan sekali sentuh. Menyenangkan bukan?

Menghemat biaya

Meski tampak mewah dan mahal, suatu saat nanti teknologi canggih justru mampu membantu kita berhemat. Contoh mudahnya, kita bisa mengendalikan konsumsi air, mengawasi cara pancuran mengeluarkan air agar berhenti seketika jika tidak digunakan. Ada pula perlengkapan mandi berupa pancuran yang akan menampilkan warna LED untuk menggambarkan temperatur air. Kita tidak perlu lagi membuag air.

Teknologi tidak harus digital

Istilah "teknologi" tidak selalu harus berhubungan dengan layar komputer, tab, maupun telepon genggam. Kemajuan teknologi di bidang arsitektur juga membuat hidup kita lebih mudah dan nyaman. Teknologi-teknologi sederhana, seperti pemilihan arah hadap rumah, penggunakan plafon tinggi, serta penggunaan "double skin" juga bisa menambah kenyamanan di rumah kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber fresh home
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com