Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China dan Finlandia, Inovator Konstruksi Nomor Wahid di Dunia

Kompas.com - 09/07/2013, 16:56 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber CTBUH

KOMPAS.com- Inovasi adalah salah satu cara baru yang termasuk dalam mata rantai pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Sekali inovasi tercipta, maka satu masalah terselesaikan.

UltraRope, contohnya. Ini merupakan hasil penemuan yang dilakukan produsen elevator asal Finlandia, Kone. UltraRope berbasis teknologi adalah tali pengangkut elevator yang terbuat dari serat karbon. UltraRope menggantikan tali baja yang saat ini digunakan. Panjang maksimum elevator yang dapat ditarik tali ini sekitar 1.000 meter dengan kecepatan dua kali lipat dari tali baja.

UltraRope jauh lebih ringan ketimbang tali baja dan diklaim lebih efisien dalam konsumsi energi. Sementara elevator dengan tali baja merupakan salah satu pengonsumsi energi terbesar di gedung-gedung.

Karena merupakan penemuan baru, efisien dan dapat menghemat energi, UltraRope kemudian dianggap sebagai revolusi besar yang mampu dicapai dunia konstruksi untuk kepentingan pembangunan gedung vertikal (skyscraper). Untuk itulah, Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) memberikan apresiasi Innovation Awards 2013 kepada UltraRope.

Selain UltraRope, CTBUH juga memberikan penghargaan serupa kepada Broad Group atas inovasinya dalam mengembangkan Proses Konstruksi Pracetak dalam Broad Sustainable Building (BSB) T30.

T30 merupakan sebuah bangunan hotel dengan ketinggian 30 lantai. Hotel yang berada di Changsa, China, ini dibangun hanya dalam waktu 15 hari dengan menggunakan material pra cetak produksi Broad Group.

Penghargaan inovasi ini akan dipresentasikan dalam kegiatan penghargaan tahunan CTBUH ke-12 di  Institute of Technology, Illinois, pada 7 November mendatang. Selain kedua pemenang dalam hal inovasi teknologi material, CTBUH juga memberikan apresiasi untuk pencakar langit dengan desain terbaik dan pencapaian seumur hidup (lifetime achievement)kepada pribadi pilihan.

Para juri yang terdiri atas profesional kompeten dan memiliki kredibilitas di bidangnya memilih UltraRope dan BSB karena keduanya merevolusi cara lama dalam konstruksi gedung pencakar langit menjadi cara baru yang efisien, hemat energi dan mudah dioperasikan.

"Para pemenang Innovation Awards 2013 telah memperluas jangkauan dari apa yang tidak mungkin menjadi mungkin. Keduanya juga kami anggap sebagai jalan baru untuk generasi gedung-gedung tinggi berikutnya," ujar Ketua Dewan Juri, Jeanne Gang.

Penghargaan Inovasi CTBUH bertolak dari tinjauan independen kemajuan teknologi. Meliputi area spesifik inovasi terbaru di industri bangunan tinggi yang dapat diimplementasikan ke dalam desain, atau secara signifikan diuji dalam konstruksi, operasi, atau perbaikan dari proyek bangunan tinggi.

Ranah inovasi dapat merangkul disiplin apa pun, tidak terbatas pada terobosan teknis, metode konstruksi, pendekatan desain, perencanaan kota, membangun sistem, fasad, lingkungan interior, dan lain sebagainya.

Ada pun finalis Innovation Awards 2013 lainnya adalah Megatruss Seismic Isolation Structure  (digunakan di Nakanoshima Festival Tower, Osaka, Jepang), Raster Façade Precast Concrete System (digunakan di Tour total, Berlin, Jerman) dan Rocker Façade Support System (digunakan di markas perusahaan Poly, Beijing, Cina).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CTBUH

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com