Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah "Kandang Besi", Sisi Gelap Hong Kong yang Gemerlap

Kompas.com - 08/03/2013, 13:10 WIB

KOMPAS.com - Di balik gemerlap Hong Kong, salah satu kota terkaya di dunia, dengan properti mewahnya, ternyata menyimpan "sisi gelap" kehidupan masyarakat kota yang tinggal di rumah-rumah sempit. Bahkan, rumah-rumah sewa itu bisa disebut sangat mirip dengan "kandang besi"!

Jurang pemisah antara si kaya dan si miskin di Hong Kong ternyata sangat jelas, kendati selalu tertutup kemewahan kota seperti di kawasan elit Victoria Peak. Brian Cassey, seorang fotografer Inggris mengabadikan penderitaan kehidupan masyarakat miskon kota Hong Kong di balik gemerlap dan mewahnya kota itu.

Tak ubahnya dengan Jakarta, ratusan ribu masyarakat miskin Hong Kong pun tinggal di rumah-rumah sewa yang kumal. Bahkan, saking mahalnya harga rumah sewa, mereka rela hidup di rumah sewaan sangat sempit, yang bahkan lebih cocok disebut dengan "kandang besi" ketimbang rumah kontrakan. Namun, siapa sangka, "kandang besi" berukuran 1,8 meter x 0,6 meter itu ternyata tetap banyak peminatnya?

Leung Cho-yin (67), seorang mantan tukang daging, mengaku harus membayar HKD 1.300 atau setara Rp 1,6 juta per bulan untuk menikmati "apartemen kandang besi" berukuran 1,4 meter persegi. Namun, Cho-yin tak sendiri, karena banyak temannya yang juga senasib.

"Saya dan teman-teman di sini tidak punya pilihan lain kecuali menyewa tempat ini,” ujarnya.

"Tak ada yang bisa Anda lakukan kalau sudah begini. Saya tetap harus tinggal di sini, saya harus survive," tambah Cho-yin.

Tahun lalu, Dinas Sosial Hong Kong mencatat, sedikitnya 1,19 juta warga Hong Kong hidup dalam garis kemiskinan. Mirisnya, jumlah tersebut terus naik naik dari 1,15 juta pada tahun sebelumnya. Bahkan, data itu juga memaparkan, sepertiga populasi Hong Kong hidup di rumah-rumah susun sewa dengan subsidi dari pemerintah. Adapun 210.000 sisanya masih harus bersabar menanti dalam daftar tunggu penerima rumah subsidi tersebut.

Postur kemiskinan tersebut semakin parah lantaran semakin mahalnya harga rumah. Bank Dunia mencatat, harga rumah rata-rata di Hongkong mengalami kenaikan 23 persen dalam 10 bulan pertama tahun lalu. Hal tersebut juga berlaku di pasar perumahan sewa. Apa mau dikata?

Baca juga: Terpaksa, Profesional Muda Tokyo Hidup di "Peti Mati"!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com