Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyiiikk... Dapur Juga, Ruang Makan Juga!

Kompas.com - 16/11/2012, 15:13 WIB

KOMPAS.com - Tidak punya lahan untuk ruang makan bukanlah sebuah petaka. Anda bisa membuatnya menyatu dengan dapur. Bagaimana kalau ukuran dapurnya juga mungil?

Itu juga bukan masalah besar. Anda masih bisa membuat ruang makan mini. Karena, yang namanya ruang makan tidak harus selalu berisi meja makan dengan empat atau lebih kursi. Meja bar mini dengan dua buah bar stool pun sebetulnya sudah memadai.

Selain itu, memang lebih mudah menyatukan ruang makan dengan dapur. Dengan demikian, Anda sudah pasti telah menghemat lahan. Berada di dalam rumah berukuran 80 meter persegi, misalnya, rasanya tidak terlalu banyak pilihan yang bisa dibuat. Tapi, itu bukan berarti harus menghilangkan ruangan-ruangan yang berfungsi vital.

Itu sebabnya, Anda sebagai pemilik rumah bisa menyatukan dapur dengan ruang makan. Tidak sekadar menempatkan meja dan kursi makan di area dapur, melainkan benar-benar menyatukan meja makan dengan dapur.

Keberadaan meja makan misalnya, bisa Anda gantikan dengan meja bar yang menyatu dengan dinding. Secara tidak langsung, ini telah menjadi bagian dari kitchen set Anda. Meja makan tersbeut bisa sekaligus berfungsi sebagai area kerja di dapur, terutama jika tidak sedang digunakan untuk bersantap.

Ruang makan yang menyatu dengan dapur memang akan lebih praktis untuk rumah mungil Anda. Pasalnya, hidangan dari dapur bisa langsung dihidangkan dan disantap. Membereskannya pun mudah, karena letaknya menyatu dengan dapur.

Buat keluarga kecil, yang belum terlalu membutuhkan ruang makan berkapasitas lebih dari dua orang, ide satu ini tentu patut Anda coba. Selamat berkreasi! (Anissa Q. Aini Ruang)

Baca juga:

Cermat Merancang "Backsplash" Dapur

Nih... Panduan Jitu Pola Dapur Ideal!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com