Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2012, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Dapur merupakan "jantung" rumah. Walaupun dengan pendekatan dan cara yang berbeda, hal ini berlaku di semua kebudayaan. Tapi, tahukah Anda, apa yang membuat dapur dikatakan sebagai "jantung" rumah?

Sederhananya, dapur adalah tempat makanan tersedia. Seluruh anggota keluarga pasti membutuhkan dapur. Karena itu, selain menjadi tempat membuat dan menyediakan makanan, dapur juga seringkali digunakan sebagai tempat berkumpul.

Di ruangan ini pula, penghuni bisa dengan mudah memulai gerakan ramah lingkungan. Gerakan ini bukan hanya menyelamatkan bumi serta ekosistem di dalamnya, namun juga "menyelamatkan" kantong Anda. Berikut ini beberapa tips untuk memulai gerakan ramah lingkungan di dapur Anda.

Cara menggunakan peralatan

Kunci menghemat energi bukan hanya pada pembelian peralatan yang telah diklaim sebagai barang hemat energi. Anda sebaiknya juga memperhatikan cara menggunakan peralatan tersebut.

Dishwasher

Walaupun penggunaan dishwasher terbilang jarang di Indonesia, namun bukan berarti Anda tidak mungkin memilikinya. Jika kebetulan menggunakan dishwasher, pertama-tama pastikan Anda mencuci piring setelah cucian menumpuk cukup banyak. Jika hanya untuk mencuci satu atau dua piring, lebih baik Anda mencuci dengan tangan.

Kedua, Anda tidak perlu membilas cucian piring sebelum menaruhnya di diswasher. Selain menghemat air, hal ini juga akan menghemat waktu Anda.

Lemari es

Walaupun telah membeli lemari es berlabel energy-efficient, Anda tetap dapat memboroskan energi jika tidak menggunakannya dengan tepat. Satu kesalahan umum dilakukan adalah Anda menyetel temperatur terlalu rendah.

Sebelum menggunakan lemari es, pastikan Anda mengecek panduan terlampir. Perhatikan rentang temperatur untuk penggunaan optimal. Biasanya, penggunaan optimal berada pada rentang 36 sampai 37 derajat Farenheit atau lebih dari 2 sampai 3 derajat Celcius.

Perhatikan juga kondisi makanan Anda di dalam lemari es. Jika terlalu beku, naikkan beberapa derajat. Ingat, setiap temperatur di bawah 3 derajat Celcius, unit lemari es Anda akan mengkonsumsi 5% energi lebih banyak.

Untuk mengakali masalah energi yang diperlukan lemari es ini, Anda dapat menggunakan wadah kaca dengan penutup. Wadah kaca lebih tahan dari wadah plastik. Kaca akan menjadi tameng insulasi yang menjaga makanan dan minuman tetap dingin.

Terakhir, pastikan Anda selalu membersihkan coil lemari es Anda, paling tidak setahun sekali. Semakin berdebu coil lemari es, semakin tidak efisien kipas kerja lemari es Anda.

Pilih alat masak dengan tepat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com