Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Digital Printing", Selalu Menarik Menghias Dinding

Kompas.com - 20/04/2012, 11:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi rupanya mampu menjawab tuntutan manusia untuk "mendekat" pada alam. Digital printing pada keramik adalah salah satunya, yakni sebuah teknik produksi keramik yang memungkinkan mencetak gambar secara digital di atas keramik.

Arsitek Ary Indra dari Aboday mengatakan, teknik digital printing bisa dimanfaatkan untuk meniru pemandangan, alam, flora, fauna, aktivitas manusia dan masih banyak lagi untuk diaplikasikan pada keramik. Digital printing demikian majunya, lanjut dia, sehingga mampu tinggal dicetak di atas keramik.

"Hasilnya seperti kualitas foto. Apapun obyeknya bisa dicetak," katanya dalam seminar Keramika International Architecture di Renovation & Construction Expo 2012 di Jakarta, Kamis (19/4/2012).

"Kemajuan teknologi ini bisa dibuat massal, dan mempermudah orang untuk meniru alam. Misalnya, ingin tekstur kayu atau ingin kesan dinding berlumut bisa diwujudkan," lanjutnya.

Selain dapat menghadirkan tampilan visual serupa dengan aslinya, teknik ini juga bisa sempurna dalam penampilannya. Pasalnya, motif atau gambar yang tercetak tidak akan terkesan putus meski ada nat antarkeramik. Untuk itu, teknik ini bisa menjadi tawaran menarik untuk menghiasi dinding hunian.

Tak kalah menariknya dari teknik ini adalah teknik printing. Kelebihannya, teknik ini mampu memberikan efek timbul pada keramik.

Siswanto dari PT Aster Decorindo Abadi yang mengembangkan dekorasi keramik ubin mengatakan, printing unggul karena adanya lapisan bahan kimia vetrosa. Pada teknik ini, keramik dilapisi vetrosa pasca pencetakan motif.

"Jadi, setelah motif dicetak pada keramik, lalu diberi vetrosa ini. Hasilnya, motif jadi timbul dan tampil cantik," ujarnya.

Dengan teknik printing ini pula, lanjut dia, keramik bisa tahan goresan serta tahan terhadap cuaca panas maupun hujan. Motifnya sendiri bisa diambil dari beragam bahan, bahkan serbuk kaca bisa menjadi salah satunya. Penggunaan printing sebagai pemanis ruangan atau aksen bisa diaplikasikan pada ruang makan, ruang tidur, atau kamar bermain anak. Selain itu, teknik ini juga bisa diaplikasikan untuk kepentingan wallpaper.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com