KOLAM IKAN
Filter Aman, Kolam Koi Bebas Gangguan
Penulis : Natalia Ririh | Senin, 18 Juli 2011 | 16:54 WIB
|
Share:
shutterstock
Namun, penggunaan obat pembasmi lumut harus tepat, karena salah-salah pemakaiannya malah membunuh semua lumut yang justeru berguna bagi ikan koi.

KOMPAS.com - Jika kolam ikan koi Anda terlanjur berwarna hijau karena airnya mengandung banyak alga, penggunaan obat pembasmi lumut bisa jadi solusi paling mudah. Namun, penggunaan obat ini harus tepat, karena salah-salah pemakaiannya malah membunuh semua lumut yang sebenarnya berguna bagi ikan koi.

Nah, daripada merepotkan seperti ini, sebaiknya Anda melakukan langkah-langkah pencegahan agar kolam koi Anda tak berwarna hijau. Seperti dikatakan Winarso Tanuwidjaja, pecinta koi di Jakarta, langkah pencegahannya adalah dengan membersihkan ruang filter secara bertahap. Berikut langkah-langkahnya:

Pada minggu pertama, Anda bisa membersihkan chamber pertama, dan tiga hari kemudian bersihkan ruang ketiga. Selang tiga hari kemudian, barulah Anda mencuci cuci chamber kelima.

Masuk Minggu kedua, giliran Anda membersihkan ruang filterisasi bernomor genap. Kalau semua bagian filter dibersihkan sekaligus, ibaratnya Anda sudah punya kolam baru.

Selain alga, gangguan di kolam koi juga datang dari air hujan. Air hujan bisa membawa penyakit dan mengakibatkan kelembaban kolam naik turun secara drastis. Bahkan, air hujan bisa menyebabkan ikan koi stres dan mati secara massal.

Namun, jangan khawatir. Karena, bahaya air hujan bisa dihindari dengan penggunaan filter yang bagus dan memenuhi syarat.

Seandainya filter kolam koi belum cukup memadai, langkah yang bisa dilakukan adalah mengganti air pada awal musim hujan. Caranya, ganti separuh volume air dengan air endapan setiap kali hujan datang. Pengurasan ini tak perlu Anda lakukan setelah air hujan tak lagi terlalu kotor.

Sumber: Majalah Garden


Editor :
Latief