Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KONSULTASI INVESTASISteven Eric Lazuardi
Sekilas tentang Steven The Steven Eric Lazuardi adalah konsultan Hokiplus. Lahir di Jambi, 2 Januari 1975, Steven mendalami ilmu china kuno dari nenek dan orangtuanya.Ia beberapa kali tampil di televisi swasta.

Posisi Kolam Ikan Koi dan Keberuntungan

Kompas.com - 18/05/2011, 17:28 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan pecinta ikan Koi di Indonesia menunjukkan angka kemajuan yang sangat pesat. Dinaungi APKI (Asosiasi Pecinta Koi Indonesia) kini sudah memiliki 22 klub pecinta koi di berbagai provinsi yang tersebar di Indonesia.

Sebanyak 19 peternak ikan koi (koi Breeder), enam importir ikan koi asal Jepang (negara asli penghasil ikan jenis ini), serta 19 dealer ikan koi. Mereka berupaya keras menghasilkan jenis-jenis ikan koi terbaik.

Adapun beberapa varietas atau jenis ikan yang terkenal seperti corak Merah Putih dikenal dengan sebutan Kohaku, merah putih hitam dikenal dengan sebutan Taisho Sanshoku atau pun dengan pola hitam yang lebih agak dominan dikenal dengan sebutan Showa Sanshoku, serta corak Hitam Putih yang dikenal dengan sebutan Shiro Utsuri, yang mana di golongkan menjadi empat besar (Goyungke) hingga kerap menjadi Primadona dalam setiap Lomba Ikan Koi di Tanah Air.

Sebutlah Tancho. Varietas ini juga cukup dikenal karena memiliki pola bulat Merah dibagian kepala ikan koi ini saja, hal tersebut diindentikan dengan bendera kebangsaan negri asalnya Sakura (Jepang) .

Ada lagi Karashi dan Chagoi, jenis ikan koi ini dikenal karena memiliki warna yang unik yaitu kuning (coklat merah tembaga untuk jenis chagoi) sedang keunikan jenis ikan koi ini adalah cepat sekali mencapai ukuran besar serta lebih jinak ,dalam kurun waktu yang relatif singkat dengan rekor pencapaian panjang hingga 100 cm lebih ,yang kadang melewati ukuran panjang ikan koi pada umumnya.

Ikan Koi merupakan ikan komunitas dimana ikan ini hidup dalam satu kesatuan ,tidak saling memangsa menyerang satu sama laini. Julukan Living Jewellery pun di sandangnya karena Keindahan warna ,bentuk tubuh ,serta gaya renang yang elegan ikan Koi sangat menarik bila disimak terus menerus.

Tak dapat di pungkiri Ikan koi memang dapat merubah suasana menjadi indah rumah atau tempat dimana ikan koi ini di pelihara menuju kepada keindahan , keceriaan, serta estetika.

Beberapa tips untuk memilih ikan koi yang berkualitas, apabila hendak membeli dan memeliharanya di kediaman ( singgasana) kita yaitu:

1. Proporsional tubuh, hal mencakup keserasian / keseimbangan ikan koi mulai dari mulut ikan hingga ujung ekor, bentuk tubuh ideal pada ukuran besar menyerupai torpedo (kapal selam) yang menjadi tujuan akhir.

2. Komposisi warna, warna yang Cerah (terang) serta dan tajam (batas warna satu dengan yang lain) akan menjadikan ikan tersebut “eye catching”, hal ini mengundang mata kita untuk melihat dan melihat nya kembali.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com