Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Harus Berhutang 25 Tahun untuk Apartemen Rp 350 Juta

Kompas.com - 04/04/2017, 19:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Penghasilan Anda Rp 8 juta per bulan, dan ingin membeli hunian idaman seharga Rp 350 juta? Siap-siap dengan kondisi berhutang selama seperempat abad.

Associate Director Residential Sales Colliers International Indonesia, Aliviery Akbar, mengatakan, tenor pinjaman 25 tahun itu adalah yang paling aman bagi kalangan berpenghasilan Rp 8 juta per bulan.

"Itu kita mengacu pada rasio utang atau cicilan sebesar 1/3 atau 30 persen dari total penghasilan," ujar Aliviery kepada KompasProperti, Selasa (4/4/2017).

Dengan asumsi konsumen menggunakan fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) BTN, maka cicilan per bulan yang harus dibayar adalah Rp 2.487.500.

Perhitungannya begini, harga apartemen Rp 350 juta. Plafon yang disetujui Rp 297.500.000, setelah dikurangi uang muka atau down payment (DP) 15 persen atau Rp 52 juta.

Jika dihitung dengan suku bunga 8,5 persen selama satu tahun pertama, dan 13 persen pada tahun berikutnya, konsumen akan berhutang selama 25 tahun.

"Itu cicilan dan tenor paling aman untuk konsumen dengan penghasilan Rp 8 juta per bulan. Itu pun dengan catatan, tidak punya hutang lain, kartu kredit, gaya hidup minimal, tidak foya-foya atau berpesta," tutur Aliviery.

Adakah apartemen di Jakarta yang dibanderol seharga Rp 35 juta?

Menurut Aliviery ada, namun lokasinya tidak di pusat kota melainkan di pinggiran. Luasan unitnya pun sekitar 20-24 meter persegi atau tipe studio.

"Masih layak untuk firts home buyer atau pembeli rumah pertama," cetus dia.

Baca: Cuma Ada Enam Apartemen Seharga Rp 350 Juta di Jakarta

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com