Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampungan Pengungsi Buatan IKEA Raih Desain Terbaik 2016

Kompas.com - 30/01/2017, 16:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CNN

KompasProperti - Sebuah penampungan pengungsi flat-pack hasil karya IKEA dan PBB dinobatkan sebagai desain terbaik 2016.

Karya yang diberi nama "Better Shelter" tersebut dianugerahi penghargaan Beazley Design of The Year Design Museum di London.

Penampungan modular tersebut terbuat dari plastik yang dapat didaur ulang, terdiri dari 68 komponen, dan bisa dirakit hanya dalam waktu empat jam saja.

Tiap struktur memiliki ruang cukup besar sehingga mampu menampung lima orang sekaligus. Penampungan ini juga dilengkapi oleh sebuah panel surya guna menjadi sumber daya listrik, pencahayaan, dan pengisian gawai.

Sejak memulai produksi pada 2015 silam, sebanyak 16.000 unit penampungan telah disebar ke berbagai negara termasuk Irak, Djibouti, Yunani, dan Nigeria untuk digunakan sebagai rumah, klinik sementara, dan kantor.

"Better Shelter menangani salah satu isu yang tengah banyak diperbincangkan saat ini, yakni menyediakan tempat tinggal dalam situasi luar biasa, baik disebabkan oleh kerusuhan atau bencana," kata salah satu Juri Penilai Penghargaan yang juga Profesor Kurasi Desain Kontempoper Kingston University Jana Scholze.

Lebih lanjut Scholze menyatakan, tidak hanya memberikan sebuah desain, tetapi keamanan manufaktur dan distribusinya yang baik membuat proyek ini relevan dan optimistis.

Hal itu kemudian menunjukkan kekuatan desain untuk merespon kondisi saat ini dan mengubahnya lebih baik lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com