Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Ekonomi Lesu, Apartemen di Bandung Diserbu Pembeli

Kompas.com - 23/09/2015, 22:56 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Hanya dalam waktu sembilan bulan, apartemen di daerah Dago, Bandung, laku 120 unit. Hal ini menstimulasi kenaikan harga sebesar 18 persen. Padahal, kondisi ekonomi yang tidak menentu membuat penjualan beberapa proyek properti secara umum mengalami perlambatan.

“Saat peluncuran akhir tahun lalu, kami mematok harga Rp 700 juta hingga Rp 1,1 miliar. Tapi kurang dari satu tahun atau 8-9 bulan, harganya naik 18 persen. Pembeli pertama apartemen ini sudah senyum-senyum karena sudah dapat untung,” ujar Direktur PT Dago Trisinergi Properti, England Rachman seusai penanaman pohon perdana di The Maj Collections Hotel and Residences, Rabu (23/9/2015).

England menjelaskan, perusahaan akan membangun dua menara, masing-masing terdiri dari 21 lantai dengan jumlah 233 unit. Menara pertama merupakan apartemen strata, sedangkan menara kedua akan difungsikan sebagai kondotel. Pembeli kondotel ini nantinya memberikan kuasa kepada pengembang untuk mengoperasikannya sebagai hotel.

“Nanti dia (pemilik) punya hak di situ. Misal, dalam satu tahun bisa tinggal berapa hari, nanti ada aturan-aturannya,” imbuhnya.

Saat peluncuran perdana, yang ditawarkan adalah apartemen. Dari 233 unit, sebanyak 120 unit laku terjual. Sisanya, diharapkan bisa terjual di akhir tahun ini, meskipun penjualan saat ini sedang sulit.

England mengungkapkan, jika biasanya dalam satu bulan bisa menjual 30 unit, saat ini dalam empat bulan yang terjual hanya 12 unit. Namun demikian, dia optimistis hingga akhir tahun sebanyak 50 persen apartemen dan 50 persen kondotel bisa terjual. Sisanya ditargetkan terjual pada 2016.

Rencananya, The Maj Collections Hotel and Residences akan diserahterimakan kepada konsumen pada pertengahan 2016 secara bertahap hingga seluruhnya beroperasi pada 2017 mendatang.

The Maj Collection Hotel & Residences diklaim merupakan apartemen pertama di Bandung yang ramah lingkungan. Fasilitas yang melengkapinya antara lain helipad, private sky lobby, dan infinity pool. Demi privasi penghuni, akan diberlakukan sistem keamanan berlapis dan smart card

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com