Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukah Anda Pajak Properti Texas Paling Mahal di AS?

Kompas.com - 13/04/2015, 18:33 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Pajak properti di Texas, paling tinggi se-Amerika Serikat. Menurut sebuah studi baru dari konsultan keuangan WalletHub, meskipun setiap pemilik rumah di seluruh negeri Paman Sam ini dikenakan pajak, penduduk Texas diketahui "berutang" lebih banyak dari kebanyakan penduduk Amerika lainnya.

Penelitian ini mengambil data dari Sensus Amerika Serikat dan masing-masing Departemen Kendaraan Bermotor untuk menganalisa 50 negara bagian dan District Columbia dalam pajak kendaraan dan properti. Ternyata, pajak properti Texas tertinggi di antara 50 negara bagian lainnya di negara itu.

Dengan membagi median pembayaran pajak properti dengan harga rumah rata-rata di setiap negara bagian, WalletHub menemukan bahwa penduduk Texas membayar sekitar 3.327 dollar AS (Rp 43 juta) per tahun untuk pajak properti. Angka ini 1.238 dollar AS (Rp 16 juta) lebih tinggi dari rata-rata nasional, yaitu 2.089 dollar AS (Rp 27 juta).

Beruntung, pemerintah Texas tidak menarik pajak properti kendaraan. Di 27 negara lain dengan pajak properti dan kendaraan, rata-rata warga harus menambah 423 dollar AS (Rp 5,5 juta) per tahun. New Hampshire mungkin negara bagian yang terburuk di Amerika Serikat untuk memiliki properti. Pasalnya, warga yang memiliki rumah dan kendaraan harus membayar rata-rata 4.062 dollar AS (Rp 52,8 juta) setiap tahun.

Meski nilai pajaknya tinggi, namun, studi menunjukkan, pajak properti ini bermanfaat bagi pemilik yang tinggal di negara tersebut.

"Kita semua membayar pajak properti, baik secara langsung maupun tidak langsung, karena mereka memengaruhi keuangan pemerintah pusat dan dan daerah," kata Wallethub.

Jika Anda mencari aset untuk menyimpan uang, Anda bisa berpikir untuk membeli properti di Hawaii. Negara ini berada di peringkat teratas untuk pajak termurah (482 dollar AS atau Rp 6,2 juta). Hawaii juga tidak memberlakukan pajak kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com