Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemilik Rumah

Kompas.com - 02/04/2014, 11:12 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Pemilik rumah biasanya hanya terpaku pada pemilihan warna dinding interior rumah, jenis furnitur, serta ukuran barang-barang di dalamnya. Padahal, ada unsur lain yang perlu juga diperhatikan.

Huffington Post mencatat, setidaknya ada tiga kesalahan yang biasa dibuat oleh pemilik rumah menyangkut "unsur lain" tersebut. Berikut ini kesalahan dan penyelesaiannya:

Kesalahan pertama yang bisa menjadi fokus baru dalam mendesain interior rumah adalah seputar pemasangan gorden. Menggantung gorden terlalu rendah atau tepat di rangka jendela membuat interior rumah tampak rendah. Padahal, gorden bisa menarik perhatian di dalam rumah dengan mudah.

Untuk itulah, gorden perlu mendapat perhatian khusus. Daripada menggantung gorden terlalu rendah, lebih baik menggantung gorden dekat dengan plafon (simak ilustrasi). Kemudian, pastikan juga gorden cukup panjang hingga hampir menyentuh lantai. Cara ini membuat plafon rumah Anda tampak lebih tinggi.

Kesalahan kedua adalah penggunaan barang-barang atau furnitur mahal yang "kata orang" cocok untuk rumah Anda. Simpan uang Anda untuk membeli hiasan atau furnitur lain.

Digital Director Domino Krissy Tiglias mengungkapkan, "Pastikan Anda membeli sofa yang Anda suka, ambil waktu Anda dan pertimbangkan melapisi kembali sofa vintage." Tiglias juga menyarankan Anda membeli kursi tanpa "lengan" karena akan menghemat banyak ruang.

Kesalahan ketiga adalah keengganan menggunakan warna di dalam rumah. Tidak semua unsur dalam rumah harus berwarna putih. Sebaiknya Anda jangan takut menggunakan warna-warna lain.

"Ada begtu banyak aturan di sekeliling warna dan ruang berukuran kecil. Saya selalu merasa jika Anda mengurangi keseimbangan, hal tersebut bisa membuat ruang begitu kaya," kata Tiglias.

"Saya juga sangat menyukai dinding berwarna gelap, terasa ekspansif," tambahnya.

Menurut Tiglias, warna-warna merah, biru tua, dan coklat juga bisa membuat dinding menjadi penarik perhatian dari barang-barang lain yang tampak murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com