Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyulap Menara Pemancar Menjadi Ikon Kota

Kompas.com - 05/03/2014, 11:20 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Kerja bareng antara IND (inter.national.design) dan Powerhouse Company telah memenangkan kompetisi internasional untuk membangun sebuah menara pemancar di dekat kota Çanakkale, Turki barat. Delapan tim global terpilih untuk merancang struktur menara setinggi 100 meter yang juga akan berfungsi sebagai sarana observasi publik.

IND dan Powerhouse tampaknya berhasil menyatukan antara kebutuhan dan manfaat dari menara ini hanya dalam satu konsep arsitektur. Desain menara ini memang dibuat dengan jalur melingkar, namun tetap mampu menjaga hubungan intim antara menara dan hutan lebat di sekitarnya.

www.designboom.com Rute menara dengan struktur cincin ini dibangun menyatu menjadi sebuah pusat kunjungan publik. Pengunjung bisa naik di atas menara, di antara pohon-pohon yang menawarkan pemandangan panorama kota.
Rute menara dengan struktur cincin ini dibangun menyatu menjadi sebuah pusat kunjungan publik. Pengunjung bisa naik di atas menara, di antara pohon-pohon yang menawarkan pemandangan panorama kota. Daya tariknya akan sangat menakjubkan, karena berdiri di menara ini siapapun bisa menikmati pemandangan hijau 360 derajat.

www.designboom.com Saat pembangunannya selesai nanti, gedung menara ini juga akan memiliki ruang pameran dan rekreasi untuk publik. Namun demikian, IND dan Powerhouse telah mengusulkan skema yang memisahkan pusat pengunjung dari menara antena sehingga tidak terkena paparan bahaya radiasi.
Saat pembangunannya selesai nanti, gedung menara ini juga akan memiliki ruang pameran dan rekreasi untuk publik. Namun demikian, IND dan Powerhouse telah mengusulkan skema yang memisahkan pusat pengunjung dari menara antena sehingga tidak terkena paparan bahaya radiasi.

IND dan Powerhouse sepakat, proyek menara ini akan menciptakan identitas visual kuat untuk kota Canakkale dan masyarakatnya. Sebuah pengalaman indah dari ikon baru kota yang berupa siluet menara pada kaki langit nan cantik dan ramah lingkungan.

www.designboom.com IND dan Powerhouse sepakat, proyek menara ini akan menciptakan identitas visual kuat untuk kota Canakkale dan masyarakatnya. Sebuah pengalaman indah dari ikon baru kota yang berupa siluet menara pada kaki langit nan cantik dan ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com