Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

London Eye Akan Punya Pendamping Baru

Kompas.com - 15/02/2014, 14:44 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan arsitektur asal London, Inggris, Marks Barfield Architects, telah mendesain paviliun kaca temporer untuk diletakkan tak jauh dari roda observasi London Eye di South Bank. Paviliun tersebut merupakan bagian dari pengembangan kembali Shell Center.

Pemilihan Marks Barfield Architects ini tidak serta-merta begitu saja. Perusahaan tersebut memenangkan kompetisi desain internasional terlebih dahulu. Memang, karya London Eye yang sebelumnya sudah bediri juga punya andil dalam pemilihannya. Rencananya, jika pengajuan desain disetujui oleh pemerintah setempat, bangunan setinggi empat lantai tersebut akan menjadi kantor pemasaran, fasilitas edukasi, dan pusat informasi bagi pengunjung.

"Kami memilih arsitek lokal Marks Barfield untuk bangunan ini karena mereka telah membuat kontribusi penting bagi South Bank dengan desain yang dikenal dunia, London Eye," ujar John Pagano dari Braeburn Estates.

"Desain-desain berkualitas tinggi yang mereka ajukan untuk paviliun pengunjung akan kami simpan bersama aspirasi bagi skema Shell Centre dan melengkapi penawaran kultural dari South Bank," imbuhnya.

dezeen.com Bangunan berselimut kaca setinggi 20 meter akan dibangun dalam salah satu area di sudut Jubilee Gardens. Bangunan tersebut akan tampak
Bangunan berselimut kaca setinggi 20 meter akan dibangun dalam salah satu area di sudut Jubilee Gardens. Bangunan tersebut akan tampak "jinjit" untuk mengurangi jejak di permukaan tanah. Menurut rencana, lantai pertama paviliun tersebut akan digunakan untuk ruang pertemuan dan pendidikan. Sementara itu, ruang pamer akan berada di lantai kedua dan ketiga.

Saat sudah tak lagi dibutuhkan dalam situs Shell Centre, bangunan ini kelak akan dibongkar. Jika diperlukan, bangunan tersebut bisa digunakan kembali di situs lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com